Untitled-1Ternyata, cantik saja tidak cukup. Kulit wajah yang mulus dan bentuk tubuh yang indah rasanya tak lengkap jika tidak memperhatikan kebersihan. Salah satunya adalah kebersihan telinga.

Oleh : LATIFA FITRIA
[email protected]

Jangan anggap enteng kotoran yang mengendap di rongga telinga, karena dapat berpengaruh pada pendengaran. Sebagai pusat keseimbangan tubuh, telinga memiliki bagian-bagian yang harus diperhatikan

Telinga bagian luar terdiri atas daun tel­inga dan selaput gendang. Bagian tengah telinga terdiri atas selaput gendang hingga batas otak. Sementara telinga bagian dalam terdiri atas alat pendengaran dan alat ke­seimbangan. Di telinga luar berkumpul kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Ko­toran kuping yang kerap muncul di daerah ini adalah endapan minyak yang dihasilkan kelenjar tersebut. Fungsinya, menghalau se­rangga yang mencoba masuk ke dalam telin­ga. Masalahnya, kita sering mengorek bagian dalam telinga dengan cotton buds. Padahal, kebiasaan buruk tersebut justru mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam.

  1. Apa itu Ear Candle Therapy?
BACA JUGA :  Wajib Tahu Ini, 6 Manfaat Jahe Merah bagi Tubuh

Ear Candle adalah salah satu terapi panas (thermo therapy) yang ditujukan untuk mereka yang bermasalah di daerah kepala khususnya dengan pendengaran. Sampai saat ini Ear Candle Therapy masih digolongkan sebagai Alternative Therapy. 2. Apa manfaat dari Ear Candle Therapy?

Ear Candle Therapy bermanfaat untuk membersihkan telinga (sehingga fungsi pendengaran menjadi lebih baik, teruta­ma pada orang-orang tua), melegakan si­nus dan tenggorokan dan juga membantu mengatasi radang di daerah tersebut. Pada beberapa kasus bisa ditemui perbaikan kondisi pada pasien-pasien yang mengal­ami gangguan keseimbangan dan telinga berdenging serta vertigo. Tentu faktor ke­lainan organik perlu diselidiki lebih lanjut jika tidak ada perbaikan kondisi.

  1. Dari mana asalnya Ear Candle Therapy?
BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia 6 Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

Ear Candle Therapy diketahui berasal dari suku Indian di benua Amerika. Mereka memiliki ritual membersihkan telinga den­gan alat berongga yang ujungnya dibakar. Tentu saat ini teknik dan alat Ear Candle Therapy sudah lebih disempurnakan.

============================================================
============================================================
============================================================