11986569_770505496392888_5486858764131062074_nPola hidup sehat adalah pilihan yang terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga badan tetap fit. Selain berolahraga, asupan makanan dan minuman bergizi sangat diperlukan tubuh. Ya, beberapa tahun terakhir menu makanan sehat yang tren di masyarakat perkotaan adalah overnight oatmeal. Ini adalah oat yang dicampur dengan buah, biji-bijian atau susu almond untuk sarapan. Sejumlah produsen produk ini meraup berkah dari tren makanan sehat ini.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Saat ini tren hidup sehat tengah me­landa masyarakat perkotaan. Rutinitas pekerjaan yang padat dan aktivitas fisik yang menguras tenaga, menuntut ma­syarakat urban untuk tetap bugar. Tak terkecuali bagi mereka yang ingin berdiet, over­night oatmeal menjadi salah satu menu yang cocok dan sedang tren dalam beberapa tahun terakhir dijadikan makanan sehat.

Menu ini muncul sebagai inovasi mengon­sumsi oatmeal agar terasa lebih nikmat dengan cara mencampur aneka buah-buahan, kacang-kacangan atau susu almond yang kemudian disimpan dalam lemari es semalaman. Setelah itu menu ini siap di santap di keesokan harinya untuk sarapan. Itu sebabnya menu ini populer disebut overnight oatmeal.

BACA JUGA :  Sambut HJB ke-524, Kadin Kabupaten Bogor Kenalkan Produk dan Karya Bumi Tegar Beriman

Selain kaya akan serat, aneka vitamin dari an­eka topping menambah gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Itu sebabnya, menu ini banyak dic ari kon­sumen, sehingga peluang usahanya cukup lebar.

Pelaku usaha lainnya, Hany Kurniawan yang mengusung brand Yourganic, sudah mulai berbisnis overnight oatmeal sejak tahun 2013. Yourganic tidak hanya memproduksi overnight oatmeal t api juga almond milk, almond butter, coconut H20, black lemonade, dan elixir.

Dalam sehari Hany bisa memproduksi se­banyak 30 botol dengan dibantu delapan orang karyawan. Ia bilang, sejak akhir 2013, selain pro­mosi lewat media sosial dan internet, Yourganic juga telah bekerjasama dengan beberapa super­market untuk memasarkan berbagai produknya.

Yourganic menawarkan berbagai varian menu overnight oatmeal yakni kakaoats, banana rama, dan berr yoatsy. Tiga varian menu ini dibandrol seharga Rp 55.000 per porsi. Dari se­luruh produk yang dijual Yourganik, Hany bisa meraup omzet hingga Rp 300 juta per bulan.

Pangsa pasar yang di sasar produk makanan sehat Yourganic adalah kalangan menengah ke atas dan para ekspatriat.

BACA JUGA :  Sambut HJB ke-524, Kadin Kabupaten Bogor Kenalkan Produk dan Karya Bumi Tegar Beriman

Pemain dibisnis serupa lainnya adalah Este­riana Sari, produsen overnight oatmeal dengan bendera usaha Good Mood Ia mengatakan, den­gan dibantu dua orang karyawan mampu mem­produksi sekitar 50 botol hingga 100 botol over­night oatmeal per hari. Menurut Ester, wadah overnight oatmeal harus ditaruh dalam botol kaca agar lebih awet dan juga higienis. Karena oatmeal kaya akan serat, ini dapat membuat ke­nyang dalam waktu yang lebih lama ketika di s­antap sebagai sarapan.

Ada empat varian rasa yang ditawarkan G ood Mood adalah banana original, choco banana, stroberi, dan alomod kiwi. Produk Good Mood hanya ber t ahan selama 24 jam karena semua bahan baku tanpa pengawet. Dari empat menu tersebut, chocho banana yang paling banyak disukai pembeli.

Empat varian menu ini dibandrol seharga Rp 45.000 per porsi. Menjalani usaha sejak setahun lalu, Ester aktif berpromosi lewat media sosial seperti Inst agram. “Jika sedang ramai pesanan, omzet bi sa mencapai Rp 10 juta per bulan,” ujar dia. (KTN)

============================================================
============================================================
============================================================