Masih belum jelas dari mana air cair ini berasal. Teori yang saat ini digunakan antara lain mengatakan air mencair dari permukaan es atau air berasal dari at­mosfer Mars yang tipis.

Temuan para peneliti ini disajikan dalam makalah yang terbit pekan ini di European Planetary Science Congress, Perancis. Ini bukan temuan air pertama di Mars. Planet tersebut selama ini dik­etahui memiliki air yang beku di kutub, atmoster yang tipis, dan ada genangan air kecil di permukaan yang muncul ke­tika malam hari.

Menurut peneliti Mary Beth Wil­helm, temuan baru tersebut menun­jukkan kondisi yang lebih layak huni di permukaan Mars dibandingkan yang di­perkirakan sebelumnya. Kelayakhunian itu tergantung dari seberapa asin air cair dan seberapa dingin kondisi di permu­kaan Mars.

BACA JUGA :  Bima Arya Sempatkan Tinjau Penataan Fasad Otista

Direktur Ilmu Planet NASA, Jim Green mengatakan, temuan baru men­empatkan NASA pada posisi sempurna untuk mencari kehidupan lain. “Kami belum bisa menjawab pertanyaan, apakah ada kehidupan di luar Bumi?” kata Green. “Tapi, setelah ada air seb­agai elemen penting, kami sekarang me­miliki, dan saya pikir, ada kesempatan besar untuk berada di lokasi yang tepat di Mars untuk menyelidiki itu.”

NASA saat ini sedang mengembang­kan penelitian untuk membawa manusia ke Mars pada tahun 2030. Eksplorasi di masa depan diharapkan bisa membawa bukti soal adanya kehidupan dan akhirnya menjawab misteri alam semesta: Apakah ada kehidupan mahluk lain selain bumi?

BACA JUGA :  Tanggal Tua Masak yang Sederhana Dengan Tumis Sawi Putih Jagung Muda yang Lezat dab Sedap

Sejak 40 tahun lalu, NASA memang sudah meneliti soal kehidupan di Mars. Beberapa tahun terakhir, penelitian se­makin intens dilakukan. Pesawat luar angkasa dan robot sudah mengelilingi Mars untuk meneliti berbagai hal ten­tang planet merah tersebut.

Laboratorium khusus Mars sudah mendeteksi kemungkinan radiasi di sana, untuk melindungi astronot yang hendak menginjakkan kaki di sana. Pada tahun 2020, bakal ada teknologi baru yang memungkinkan seorang astronot bisa bertahan di Mars.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================