kanpora-(2)BOGOR, TODAY – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor menggelar Festival Permain­an Alat Tradisional dan Modern 2015 di Stadion Persikabo, Rabu (hari ini,red).

Sebanyak 200 peserta dari Seko­lah Dasar (SD) di 40 kecamatan ser­ta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ikut andil dalam kegiatan ini.

“Festival ini semata-mata untuk melestarikan Kaulinan Budak atau mainan tradisional anak-anak yang sekarang sudah tergerus zaman digi­tal,” ujar Kepala Dispora, Yusuf Sade­li, Selasa (29/9/2015).

Baca Juga :  Ratusan Warga Ciawi Terima BST

Menurut Yusuf, permainan yang ditampilkan ada tiga jenis, yakni, eng­grang, bakiak dan dagongan. “Akan dilombakan, tapi untuk senang-senang saja,” lanjutnya.

Ia menerangkan, kedepannya menggelar festival serupa namun dengan jenis permainan yang ber­beda. Dirinya khawatir dengan per­mainan anak-anak masa kini yang seringkali asyik didepan layar kom­puter atau gadget.

Baca Juga :  Amarullah Nahkodai PK KNPI Cibungbulang

“Mungkin tahun depan ada per­mainan gasing, gatrik dan seb­againya untuk dilestarikan,” ujar mantan Sekretaris Dinas Pendidi­kan Kabupaten Bogor ini.

Festival ini tidak diselengga­rakan oleh Dispora seorang diri. Menggandeng, Event Organizer (EO) Promomedia. “Diharapkan, per­mainan ini bisa membuka mata anak-anak kita jika permain­an tradisional juga meny­enangkan,” tutup Sadeli.

(Rishad No­viansyah)