54bca22aa81bb774108b4567Beberapa perarturan musim 2015 diubah termasuk peruba­han yang terjadi pada knalpot mobil. Perubahan ini munculkan kem­bali suara bising yang sempat hi­lang dari ajang balapan jet darat tersebut.

Selain mengenai knalpot, WMSC juga melakukan bebera­pa perubahan untuk menjamin kemanan pembalap jika men­galami kecelakaan.

Pada musim balapan 2016 nanti, bentuk kokpit akan di­ubah menjadi tinggi untuk me­lindungi tubuh pembalap.

Perubahan kokpit terjadi pascainsiden yang menimpa Jules Bianchi di GP Suzuka pada 2014. Tragedi tersebut mereng­gut nyawa Bianchi setelah dirin­ya menabrak alat berat yang sedang mengevakuasi mobil. Be­berapa kalangan menilai, nyawa Bianchi bisa diselamatkan jika posisi Kokpit menutupi badan pembalap.

Selain itu, WMSC telah mem­buat regulasi mengenai posisi mobil di lintasan. Pembalap di­tuntut melakukan usaha yang keras agar mobilnya tetap bera­da di lintasan.

Jika ada pembalap yang ter­paksa keluar lintasan dengan alasan tertentu, pembalap dike­nakan penalti.

Ajang balap jet darat sem­pat dirasa kurang greget karena mobil yang bertanding dianggap kurang berisik. Menanggapi hal itu, WMSC melakukan peruba­han regulasi pada knalpot.

Knalpot dibuat menjadi dua dan terpisah sehingga menim­bulkan suara yang bising. WMSC menjamin perubahan yang telah dibuat tidak akan berakibat ban­yak terhadap kecepatan mobil dan perusakan lingkungan. (*)