Untitled-13BOGOR, TODAY – Pameran Seni Rupa bertajuk “Bogor Art Movement (BAM) 2015” yang dihelat oleh komunitas Ruang 8 sebagai bentuk program Disbu­par Kota Bogor yang didukung oleh koran harian BOGOR TO­DAY dan KNPI Kota Bogor, mu­lai digelar Sabtu (10/05/2015) di Under Pass Kebun Raya Bogor (KRB), Jl. Pajajaran Bogor.

Perhelatan seni ini akan menghadirkan berbagai karya eksperimen baru berupa seni instalasi dari para seniman Bo­gor dengan membawa wacana “Menilik Ruang Publik”. Pam­eran akan menghadirkan para seniman diantaranya Yana WS, Koko Kosasih, Gihon Nugraha­di, Jono Sugihartono, Bastian, Tommy Faisal, Rifky dan Har­tadi. Karya-karya seni ini akan direspon dengan pertunjukan seni lainnya mulai dari musik, sastra, teater yang turut me­meriahkan suasana di Selasar Under Pass. Sementara, pam­eran lukisan yang menghadir­kan beragam jenis aliran dan eksplorasi seniman lainnya akan ditampilkan mulai Senin (12/10/2015) di Botani Square, Bogor. “Sekurangnya 30 seniman akan menghadirkan karya-karyanya sebagai gam­baran potensi seni lukis yang berkembang di Kota Bogor,” ujar Betta A Setiani, Koordina­tor Acara BAM 2015.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Bayi Baru Lahir dalam Sumur di Sukahaji, Gegerkan Warga

Semangat mengusung ru­ang publik ini direspon oleh berbagai komunitas dan pemu­da, seniman, budayawan dan beragam komunitas lainnya di Kota Bogor. Karenanya, Ketua KNPI Kota Bogor, Hasbulloh mengajak agar para pemuda turut peduli merespon ruang publik dan mengajak berbagai pihak untuk merespon sikap estetis para seniman di Kota Bogor. “Gerakan Bogoh Ka Bogor harus mendapat dukun­gan dari berbagai pihak, seba­gai aksi nyata, terutama oleh pemuda yang saat ini tengah diingatkan dalam kerang­ka semangat kebersamaan sumpah pemuda,” ujarnya kepada BOGOR TODAY, Jumat (08/10/2015), kemarin.

Dalam kaitan itu, penya­daran terhadap gerakan Bo­goh Ka Bogor juga diusung oleh KNPI Kota Bogor melalui kegiatan “Gebyar Sumpah Pe­muda (GSP) ke 87” diantara­nya dengan menggelar Semi­nar Pendidikan “Vandalisme, Tawuran dan Narkoba” untuk para pelajar SMA pada 19 Ok­tober 2015. Selain itu berbagai kegiatan lainnya mulai dari Turnamen Futsal pada 25-31 Oktober 2015, Turnamen Bas­ket untuk SMA pada 15-16 dan 26-31 Okober 2015, Pelatihan Kepemudaan pada 20-22 Ok­tober 2015, pelatihan Mem­batik untuk SMK (22 Oktober 2015), Lomba Ketangkasan Pengibaran Bendera (24 Okto­ber 2015) hingga usulan Perda Kepemudaan (28 Oktober 2015) dan Acara Ngabandrek Bersama (31 Oktober) juga digelar sebagai upaya menin­gkatkan peran pemuda dan masyarakat. Acara GSP sendiri akan berpuncak di Aula Mila Kencana pada 31 Oktober 2015 mendatang. “Rangkaian ini se­benarnya merupakan edukasi menyeluruh di berbagai bi­dang, mulai dari seni, budaya, pendidikan, olahraga hingga kegiatan yang mewadahi dan mengedukasi pemuda agar merespon Kota Bogor ini se­cara positif,” ungkap Ahmad Fathoni, Koordinator GSP 2015.

BACA JUGA :  Supior Papua Diguncang Gempa Magnitudo 4,9

(Rifky Setiadi)

============================================================
============================================================
============================================================