Pwt03-740x400Wake Cup Coffeeshop menawarkan kemitraan kedai kopi modern. Terdapat tiga paket investasi yang ditawarkan Rp 175 juta, Rp 425 juta dan Rp 650 juta. Mitra akan dapat fasilitas berbeda tergantung paket usaha yang dipilih. Estimasi balik modal sekitar dua tahun. Meski bisnis kedai kopi sudah kian menjamur, namun hingga kini pelaku usaha yang menyasar sektor ini belum surut. Terbukti, kini makin makin bermunculan merek-merek kopi anyar bermunculan. Seperti apa kemitraan Wake Cup Coffeeshop?

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Salah satu pelaku usaha yang ikut menye sap harum­nya bi snis kedai kopi adalah Kama Sulai­man dengan mengusung merek Wake Cup Coffeeshop. Mendirikan usaha sejak tahun 2013 di Jakarta, Kama mulai berani menawarkan kemitraan di t ahun 2 014. Saat ini, sudah ada enam gerai yang beroperasi, yakni empat gerai milik mitra di Balik­papan, Surabaya, Purwokerto, dan Jakar t a serta dua gerai milik pusat di Jakarta.

Varian menu kopi yang ditawarkan mulai dari kopi hitam, espresso, iced blended, minuman cokelat, latte, aneka teh, serta jus. Untuk makanan pendukung tersedia pasta, c roi ssant, nasi goreng dan lainnya.

Jika Anda tertar ik bergabung , Kama menawar­kan tiga paket investasi.Pertama, paket coffee booth senilai Rp 175 juta berkonsep kedai dengan fasilitas peralatan usaha lengkap, namun hanya fokus men­jual kopi dengan si stem t ake away dengan luas ruangan 7,5 m²−12 m².

Kedua, paket coffee shop senilai Rp 425 juta dengan konsep kedai. Selain mendapat peralatan lengkap, mitra boleh menawarkan minuman dan makanan ringan di luar menu kopi, dengan lu as ru­angan 30 m²−60 m².

Ketiga, paket coffee cafe senilai Rp 650 juta berkonsep kafe. Pada paket ini mitra berhak pula menjual makanan utama, minuman dan makanan ringan. Luas tempat usaha sekitar 60 m².

Balik Modal

Kerjasama usaha berlangsung lima t ahun. Pusat akan mengutip biaya royalti 5% dari omzet per bulan. Selain itu, mitra juga wajib membeli bahan baku yang bersifat tahan lama dari pusat. “Semen­tara untuk produk segar dan basah seperti susu akan dibantu pusat dalam proses pemesanannya,” kata dia.

Harga jual minuman mulai dari Rp 10.000−Rp 35.000 per gelas. Estimasi omzet tiap paket investa­si berbeda-beda. Untuk paket booth, estimasi omzet Rp 1,5 juta−Rp 3 jut a per hari. Sedangkan untuk pa­ket coffee shop, target omzet Rp 3 juta−Rp 5 juta per hari. Sementara paket kafe, target omzet Rp 5 juta− Rp 8 jut a per hari.

Setelah dikurangi biaya bahan baku, sewa tem­pat, gaji karyawan dan biaya operasional lain, mi­tra diprediksi meraup laba bersih 40% dari omzet per bulan. Sehingga balik modal sekitar dua tahun. Kama mengklaim kelebihan usaha ini ada pada kemudahan sistem kerjasama. Cita rasa kopi yang ditawarkan pun disukai semua kalangan termasuk anak muda.

Ketu a Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin, Amir Karamoy, mengatakan, pelaku usaha harus benar-benar bisa menyasar kalangan yang menjadi target pasar agar tidak terjadi kendala pengunjung yang sepi. Selain itu, tiap gerai juga harus menjaga cita rasa produk serta pelayanan. (KTN)

============================================================
============================================================
============================================================