Untitled-9BOGOR, Today – Konsep pameran seni rupa bertajuk “Bogor Art Movement 2015” yang mulai digelar hari ini, Sabtu (10/10/2015) menawar­kan konsep perubahan ruang publik sebagai media ekspresi dan respon estetis. Menghad­irkan bentuk ekspeimen seni­man, publik akan melihat para seniman melakukan proses berkesenian di ruang publik dengan berbagai material dan bahan yang tak biasa. “Ini menjadi wacana karya yang baru dihadirkan Kota Bogor sebagai bukti bahwa para seni­man Bogor juga memiliki ke­sadaran arus besar seni rupa kontemporer,” ungkap Yana WS, koordinator seniman yang akan melakukan aksi di area Under Pass Kebun Raya Bogor (KRB) mulai hari ini.

Bersama dengan seniman lainnya, Gihon Nugrahadi, Bas­tian, Jono Sugihartono, Rifky Setiadi, Tommy Faisal, Koko Kosasih dan Hartadi, para seniman akan menghadirkan karya yang merespon ruang di sekitar itu. Karya-karya seni ini akan direspon dengan pertun­jukan seni lainnya mulai dari musik, sastra, teater yang turut memeriahkan suasana di Sela­sar Under Pass dengan meng­hadirkan berbagai pendukung acara seperti Katapel, Ban­dringan, Rumasya, Mr. Smile, Arteri, Bengkel AO, Saxophone Sunda, Tali Bali Sanggar Da­dali, Kacapi Sang, Tari Tradisional Panyawangan, SMK Dasa Semesta dan Putri Galuh. “Ini merupakan kegiatan kre­atif yang dikemas sangat ber­beda dan tentu sebagai bagian dari kesenian Kota Bogor, kami akan menampilkan pertunju­kan terbaik,” ujar Driery An­vil Permana, salah satu pen­dukung acara kepada Bogor Today, Jumat (09/10/2015), kemarin.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 20 April 2024

Acara akan dibagi dalam venue dan waktu yang berbe­da. Di Under Pass KRB dan Se­lasar Under Pass KRB akan ber­langsung eksperimen seniman mulai hari ini hingga akhir Ok­tober mendatang. Sementara, suasana seni yang ditawarkan di venue tersebut akan berlang­sung mulai 10 hingga 15 Okto­ber 2015. Di venue lainnya, pameran seni rupa yang meng­hadirkan berbagai seniman be­sar Kota Bogor akan dilaunch­ing pada Senin (12/10/2015) mendatang. Karya-karya lukis akan menghadirkan para seni­man Bogor yang ternama sep­erti Jerry Thung, Fransisca, Diana Mohy, Toto BS, Gunung Sukaton, Wito, Masbakhur, Ida Kurniati dan lain-lain di lantai 4 Botani Square.

BACA JUGA :  Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB Juga? Simak Ini

Perhelatan “Bogor Art Movement 2015” ini merupakan respon seniman atas program Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif (Disbud­parekraf ) Kota Bogor dengan penyelenggara dan pelak­sana kegiatan Ruang 8 yang didukung oleh Arteri, KNPI Kota Bogor, Sahabat Arifin Himawan dan Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor. “Secara umum, kegiatan ini akan menghadirkan berbagai bentuk kegiatan seni seperti Pameran Seni Rupa, eksperi­men seni, pertunjukan seni, talkshow, diskusi buku hingga aksi sketsa para perupa Bo­gor,” ujar Betta A Setiani, Koor­dinator Bidang Acara BAM 2015.

(Rifky Setiadi)

============================================================
============================================================
============================================================