3.Menerawang-Kondisi-Bisnis-Perbankan-di-Indonesia2Di bulan Agustus, penyaluran kredit bank umum tumbuh 11,1 persen atau mencapai Rp 3.916T.

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Pelan tapi pasti, kerja keras pelaku indus­tri bank umum mulai membuahkan hasil. Hal ini tercermin dari penyalu­ran kredit bank umum yang bertumbuh 11,1% atau menca­pai Rp 3.916 triliun per Agustus 2015.

Pencapaian ini lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya yang hanya mencatat­kan pertumbuhan single digit. Berdasarkan Statistik Perbankan Indonesia, pada Juli 2015, kredit bank umum cuma meningkat 9,8% secara tahunan.

BACA JUGA :  Menu Diet dengan Sup Sayuran Kuah Bening yang Rendah Lemak

Adapun bank umum keg­iatan usaha alias BUKU 1 menyalurkan kredit sebesar Rp 116,8 triliun dan kelompok BUKU 2 membukukan kredit Rp 540,1 triliun. Sementara, kelompok bank BUKU 3 dan 4 masing-masing berkontribusi Rp 1.470 triliun dan Rp 1.638 triliun.

Sayangnya, Statistik Per­bankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak merinci pertumbu­han kredit bank berdasarkan kelompok bukunya secara ta­hunan.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Ayam Kecap dan Telur Spesial yang Lezat dan Sedap Bikin Keluarga Ketagihan

Namun, pertumbuhan se­cara tahun berjalan (year to date), bank BUKU 2 berkontri­busi negatif dengan pertum­buhan minus 16,5% dari po­sisi akhir tahun lalu sebesar Rp 647,6 triliun.

Sementara, pertumbuhan paling kencang berasal dari bank BUKU 3 dengan kenaikan 18,7% dari akhir tahun lalu yang hanya Rp 1.238 triliun. Bank BUKU 1 dan 4 sendiri menyum­bang kenaikan kredit 5,3% dan 5% selama tahun berjalan.

============================================================
============================================================
============================================================