Untitled-2BRASIL berhasil menuai kemenangan pertama di laga kualifikasi Piala Dunia 2018. Willian menyumbang dua gol, Selecao mengalahkan Venezuela dengan skor 3-1

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Saat melakoni pertandingan di Es­tadio Castelao, Fortaleza, Rabu (14/10/2015) pagi WIB, Brasil lang­sung unggul sejak menit pertama. Gol itu dilesakkan oleh Willian.

Willian melakukan sepakan dari sisi kiri kotak penalti Venezuela, yang gagal dihalau oleh Alain Baroja.

Menjelang turun minum, Willian menggandakan keunggulan Brasil. Meneruskan umpan silang dari Felipe Luiz, satu sepakan kaki kanan Willian pada menit 42 itu masuk ke gawang Ven­ezuela.

Venezuela mampu memperkecil ket­ertinggalan lewat Christian Santos di menit 64. Meneruskan umpan sundulan Oswaldo Vizcarrondo membelokan sepak pojok, dia menceploskan bola dengan kaki kiri dengan jarak dekat.

Tim besutan Dunga itu mampu men­jauh lagi 10 menit kemudian. Ricardo Oliviera menjadi pencetak golnya. Dia menyambut umpan dari Douglas Costa dengan sundulan kepala.

Di sisa pertandingan tak ada gol tam­bahan, Brasil pun menang dengan skor 3-1. Ini merupakan kemenangan pertama Brasil di kualifikasi Piala Dunia 2018, se­bab dilaga sebelumnya mereka takluk dari Chile.

BACA JUGA :  Pelosok Bandung Barat Diterjang Banjir Bandang hingga Longsor

Brasil untuk sementara ada di posisi lima klasemen kualifikasi zona Conme­bol, dengan raihan tiga angka. Semen­tara itu, Venezuela ada di posisi sem­bilan, dan belum mencatatkan raihan angka.

Di pertandingan lainnya, Chile meneruskan laju bagus di kualifikasi Piala Dunia 2018. Usai menang atas Brasil, kini giliran Peru yang mereka bekuk dengan skor akhir 4-3.

Dalam pertandingan di Estadio Na­cional, Lima, Rabu (14/10/2015) dinihari WIB, ada lima gol yang tercipta di babak pertama.

Alexis Sanchez menjadi pencetak gol pertama dengan sepakan kaki kanannya dari jarak dekat pada menit ketujuh. Gol itu hasil kreasi Mauricio Isla.

Gol itu dibalas dengan cepat oleh Jef­ferson Farfan tiga menit kemudian. Dia meneruskan umpan Andre Carrillo.

Peru harus bermain dengan 10 orang pemain pada menit 23. Christan Cueva mendapatkan kartu merah karena terli­bat insiden dengan Marcelo Diaz.

Peru berbalik unggul di menit 36. Far­fan yang menjadi pencetak golnya lewat titik putih. Sebelumnya terjadi pelangga­ran pada Carlos Zambrano yang dilaku­kan oleh Mark Gonzalez.

BACA JUGA :  Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Gantung Diri di Kontrakan, Gegerkan Warga Bandung

Sebelum turun minum, Chile kem­bali berbalik unggul. Eduardo Vargas dan Alexis yang mencatatkan namanya di pa­pan skor.

Vargas mencetak gol pada menit 41. Jorge Valdivia yang memberi umpan, Var­gas menyelesaikannya dengan sepakan kaki kanan.

Alexis lalu membawa Chile unggul dua gol semenit menjelang waktu normal habis. Gol tendangan kaki kanannya itu meneruskan umpan Diaz.

Chile mampu menambah gol saat ba­bak kedua baru berjalan empat menit. Gol itu dilesakkan oleh Vargas.

Alexis yang memberi umpan lewat satu skema serangan balik cepat. Yang bisa diselesaikan lewat satu sepakan kaki kiri.

Peru memperkecil ketertinggalan di masa injury time. Gol itu dicetak oleh Paolo Guerrero, yang meneruskan um­pan dari Yoshimar Yotun. Di sisa pertand­ingan tak ada lagi gol tambahan, Chile menang dengan skor akhir 4-3.

Dengan kemenangan ini, Chile pun ada di posisi tiga klasemen kualifikasi zona Conmebol dengan raihan enam poin. Mengumpulkan poin sama den­gan Uruguay dan Ekuador, La Roja kalah selisih gol.

Sementara itu, Peru ada di peringkat delapan, karena masih belum berhasil meraih poin.

============================================================
============================================================
============================================================