alfian mujani 240MENONTON bola itu menon­ton kegembiraan, bukan menyaksi­kan keberingasan dan ketakutan. Ini pendapat menarik yang diungkapkan Walikota Bandung Ridwan Kamil saat berdialog dengan pentolan The Jak, paguyuban suporter fanatik Persija, yang akan menjadi tuan rumah final Piala Presiden, Minggu (18/10/2015)

Emil, panggilan Ridwan Kamil, begitu all out meyakinkan warga Jakarta khususnya Jakmania bahwa kehadiran Bobotoh ke Stadion Gelora Bung Karno Senayan, mem­bawa pesan damai. Mereka datang dengan niat baik untuk mendukung klub kesayan­gannya, Persib yang akan bertarung den­gan Sriwijaya FC. Sepanjang sejarah, Bobo­toh memang selalu terlibat gesekan dengan Jakmania dalam berbagai kesempatan. Ini menimbulkan trauma luar biasa.

Nah, ketika Persib harus bertanding di GBK Senayan, maka banyak kalangan mencemaskan hadirnya gelombang biru Bobotoh. Sebagai Walikota Bandung, Emil tentu merasa terpanggil untuk mengantar 70 ribu Bobotoh menonton laga Persib. Ya menonton kegembiraan. (*)