Untitled-4Warung Makan Mbah Jingkrak terletak di jantung Kota Bogor atau tepatnya di dekat Kampus D3 Institut Pertanian Bogor (IPB), Cilibende. Meskipun menamakan dengan Warung Makan, tetapi suasananya bukan seperti warung kaki lima, melainkan restoran yang dibalut dengan suasana rumahan. Ya, seperti berada di rumah sendiri.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Sang owner, Budiyanto, banyak me­mainkan nuansa kayu dengan kon­sep rumah Jawa kuno. Hal itu ter­lihat dari ornamen-ornamen kayu pada meja, kursi dan lemari hingga akseso­ris jadul (jaman dulu) koleksi pribadi Budi­yanto. Seperti berada di museum.

Terlepas dari suasana yang membuat betah pengunjung, terlebih di tempatnya itu menyediakan akses gratis WiFi, kami tertarik melihat daftar menu dengan na­ma-nama unik cendrung mistis.

Seperti dikatakan tadi, menu ayam yang banyak tersedia di mana-mana membuat saya sempat enggan memesan masakan dengan bahan utama ayam. Namun, di warung makan yang mengusung tagline spesialis masakan Jawa dan pedas ini mem­buat saya penasaran dengan sensasi yang ditawarkan. Akhirnya pilihan jatuh kepada menu Ayam Rambut Setan.

Baca Juga :  Resep Sayap Ayam Lada Hitam

Benar saja, kami harus mengakui sajian ayam di Mbah Jingkrak ini beda. Selain menggunakan bahan tradisonal dengan rempah-rempah pilihan, Ayam Rambut Se­tan ini disajikan dengan fresh.

Sajian ini semakin sempurna memanja­kan lidah dan perut ketika dilahap dengan nasi bakar hangat yang gurih dan nikmat. Bagi yang tidak suka pedas, saya tidak merekomendasikan menu ini. Tapi, jika masih penasaran ya silahkan coba. Toh, Warung Mbah Jingkrak juga menyajikan aneka minuman pereda pedas, seperti Es Kolor Ijo, Es Pocong, Es Janda Kembang dan menu es-es lainnya yang merupakan perpaduan dari berbagai macam isi yang pas di lidah.

Baca Juga :  Resep Sambal Goreng Krecek untuk Pelengkap Gudeg

“Kami juga menyediakan menu yang tidak pedas untuk disantap anak-anak atau orang dewasa yang tidak suka dengan pe­das. Banderolan harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Untuk makanan kami mulai dari harga Rp2.000 hingga Rp32.000,” ujar Budi.

Tidak itu saja, Budi juga menerima or­der Nasi Tumpeng dengan harga yang ber­variasi. Misalnya untuk tumpeng berben­tuk hati dibanderol Rp249.999 bisa untuk 10 orang. Sementara tumpeng kuning imut Rp149.999 bisa untuk 5 orang.

Ada juga Paket Super Hemat untuk Lele Rp17.999, Bebek Rp27.999, Ayam Rp19.999, Gurame Rp27.999, Nila Rp19.999 dan Telor Rp11.999. Harga tersebut sudah termasuk produk minuman Le Minerale. Warung Makan Mbah Jingkrak buka jam 12:00 hing­ga 21:00 WIB.

(Apriyadi Hidayat)