julhan-jamrun-persibGelar juara Piala Presiden 2015 yang diraih Persib Bandungdisempurnakan dengan gelar top skorer dan pemain terbaik yang dibo­rong gelandangnya, Zul­ham Zamrun.

(Yuska Apitya Aji)

SIAPA Zulham? Pemain yang baru didata­ngkan Persib dari Persipu­ra JayaPura di ajang Piala Pres­iden 2015 ini total menge­mas enam gol. Pemilik nomor punggung 54 itu berhak atas hadiahsebesar Rp 100 juta untuk topskorer. Setelah itu namanyakembali di­panggil untuk menerima penghar­gaan sebagai pemain terbaik. Dia berhak atas hadiah sebesar Rp 200 juta.Dengan dua gelar itu, maka total uang yang dikantungiZulham Rp 300 juta.Menjadi pemain ter­baik di turnamen Piala Presiden 2015 bukanlah hal mudah. Pemain tersebut harus mempunyai bebera­pa persyaratan tertentu untuk layak dihadiahi gelar pemain terbaik.

Pemilihan pemain terbaik dinilai oleh Nilmaizar danDanur­windo sejak babak penyisihan sampai final. Variabelpenilaian antara lain merupakan pemain asli Indonesia danmemberi perubahan signifikan dalam permainan tim. Adaenam kandidat, namun Zul­ham terpilih oleh mayoritas dari16 pelatih kontestan Piala Presiden 2015. Danurwindo mengatakan, untuk terpilih sebagai pemainter­baik tidak harus selalu pemain hebat. Menurutnya, banyak fak­tor untuk menilai seorang pemain yang layak dipilih sebagai pemain terbaik.

Kami melihat teknik dan fisik seorang pemain sebagai penila­ian, pemain terbaik tidak dilihat dari partai semifinal atau final saja, tapi dari awal pertandingan ujar Danurwindo yang menjadi pemantau pemain terbaik di Piala Indonesia 2015.Danurwindo juga memberikan empat syarat lain­nya untukmenjadi pemain terbaik Piala Presiden. Satu, penampilan yang konsisten. Kedua, pemain yang memberikan impactpositif untuk tim. Ketiga, pemain yang mempunyai sikappositif. Keem­pat, pemain yang memiliki role model paparpria berusia 64 tahun tersebut.