IMG_4281BOGOR, Today – Menghadapi gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah Jawa Barat (Popda Jabar), kontingen pencak silat Kota Bogor melakukan latih tanding dengan tim Pelatihan Daerah (Pelatda) Silat DKI Jakarta dan Ragunan di hall indoor Gelang­gang Olahraga (GOR) Pajajaran, Kota Bogor.

Kontingen silat Kota Bogor yang akan berlaga di ajang Popda Jabar diisi oleh empat perguruan silat (PS), antara lain Perguruan Silat Padjadjaran Nasional, Perguruan Silat Pan­glipir, Perguruang Silat Ciung Wanara dan Perguruan Silat Ayu pusaka Indonesia (API) Kota Bogor.

Ketua Perguruan Silat Ayu Pusaka Indonesia (API) Kota Bo­gor, Lis Ismori mengatakan bahwa latihan ujicoba ini dilakukan untuk melihat sejauh mana latihan yang sudah dilakukan tim silat Kota Bogor untuk persiapan POPDA Jawa Barat 2016 di Kabupaten Bogor. “Kita sengaja lakukan uji coba ini, dan in­gin melihat langsung sejauh mana latihan yang dilakukan atlet kami,” katanya.

Dikatakannya, sebanyak 70 atlet yang melakukan uji coba di 17 nomer pertandingan. Diantaranya yaitu dari Jakarta Barat 28 atlet, Ragunan 13 atlet dan Kota Bogor 29 atlet. “Ini sebagai ajang evaluasi, apakah mereka pasca Pekan Olahraga wilayah Daerah (Popwilda) ada peningkatan atau kelemahan,” jelasnya.

Lebih lanjut Lies menambahkan, dari hasil ini pihaknya berharap bisa meningkatkan dan melatih atletnya untuk ber­tanding POPDA Jawa Barat 2016 bulan Juli nanti. “Tadi juga masih ada catatan atlet kita untuk bisa cepat diperbaiki dan mudah-mudahan pada waktunya nanti bisa lebih maksimal,” harapnya.

Latih tanding tersebut dihadiri juga oleh Ketua IPSI DKI Ja­karta, Tri Widodo, pengurus IPSI Papua, Lilis Baba yang pernah menyandang juara dunia tahun 1992 dan dibuka secara lang­sung oleh kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora), Adi Novan.

(Adilla Prasetyo Wibowo)