Untitled-11JAKARTA TODAY – Kementerian Perhubun­gan menjanjikan tarif kereta commuter line atau KRL hingga akhir tahun ini tak akan naik.

Sekretaris Jenderal Kementerian Per­hubungan Sugihardjo mengatakan, pihaknya akan meminta PT Kereta Commuter Jabodeta­bek (KCJ) tidak menaikkan tarif dahulu hingga akhir tahun.

Namun, dia meminta PT KCJ menanggu­langi terlebih dahulu biaya untuk menutupi tarif tersebut dengan jaminan dana PSO tam­bahan dibayarkan pada awal tahun depan.

Sebagaimana diberitakan, rencana kenai­kan tarif KRL dikarenakan kontrak dana PSO akan habis pada 18 November 2015. “Kita minta KCJ untuk menalangi dahulu, semen­tara kita mengkoordinasikan kepada Kemen­teri Keuangan untuk membayarkan tahun depan,” kata dia dalam diskusi yang bertajuk “Deregulasi Kebijakan Transportasi: Solusi atau Fantasi?” di Bogor, Jumat (23/10/2015).

BACA JUGA :  Durhaka! Anak di Makassar Tega Aniaya Ibu Kandung, Ancam Akan Bakar Rumah

Menurut Sugihardjo, upaya tersebut di­lakukan karena masyarakat belum bisa men­erima kenaikan tarif di tengah kondisi pere­konomian nasional dan global yang masih fluktuatif. “Ini seperti buah simalakama, eng­gak dinaikkan masyarakat belum bisa meneri­ma, kalau tidak dinaikkan Kemenkeu dananya tidak ada,” katanya.

Sebelumnya, Manager Commucication KCJ Eva Chairunnisa mengatakan belum ada keputusan resmi terkait revisi Peraturan Men­teri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2015 ten­tang Tarif Angkutan Umum.

BACA JUGA :  Majalengka Diguncang Gempa Terkini M3,1, Terasa di Bandung Barat hingga Sumedang

Dia menyebutkan total PSO yang didapat hingga Oktober 2015 berjumlah Rp858 miliar, untuk itu pihaknya akan mengurangi subsidi dengan PSO yang tersisa sejak November 2015.

Kepala Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Joyce mengatakan pihaknya masih menunggu kepu­tusan Kemenkeu. “Kami sudah kirim surat ke Kemenkeu mereka belum jawab, kekurangan PSO sebelumnya mencapai lebih dari Rp 1 mil­iar,” katanya.

(Yuska Apitya/net)

============================================================
============================================================
============================================================