Untitled-8KEMARAU berkepanjangan membuat beberapa sekolah di Kota Bogor menggelar Shalat Istisqo, Selasa (27/10/2015). Beberapa sekolah yang melakukan shalat minta hujan itu diantaranya, SMAN 7 Bogor, SMAN 3 Bogor dan SMA PGRI 3 Bogor.

Oleh : Latifa Fitria

Kepala Sekolah SMAN 3 Bogor, Acep Sukirman mengungkapkan, shalat ini sebagai bentuk keprihatinan para pelajar karena lebih dari empat bulan di kota berjuluk Kota Hujan itu.

“Ini bagian dari penyadaran dan pendi­dikan bahwa apapun kehendak dan kebutu­han kita, tentu sangat bergantung pada Allah SWT,” ungkapnya, usai salat berjamaah di lapangan sekolah.

Baca Juga :  5.000 Pramuka Penggalang Ramaikan Jambore Cabang  

Shalat Istisqo di SMAN 3 Bogor di pimpin imam, Kusna, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah tersebut dan tadarus yang dipimpin Badrul Kamal.

Uniknya, tak hanya para pelajar muslim yang memanjatkan do’a tersebut, tapi juga para pelajar non-muslim yang turut mendo­akan agar hujan kembali turun di Kota Bogor.

Para pelajar Katolik berdoa bersama dipimpin oleh Sri Hartini, pelajar Protestan melakukan doa bersama dengan dipimpin oleh Vera Muhede dan para pelajar Hindu ber doa dengan dipimpin Ni Wayan Nadri.

Baca Juga :  Anabuki College Jepang Kunjungi SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi

“Semua pelajar turut merasakan dampak bagaimana masyarakat dan lingkungannya kesulitan air. Di satu sisi, ini merupakan ben­tuk kepedulian pelajar terhadap lingkungan­nya,” tambah Acep.

Ia berharap, kegiatan positif pelajar yang mengandung nilai kepedulian terhadap ling­kungan dan agama ini menjadi bentuk nyata peranan lembaga pendidikan dalam ma­syarakat seutuhnya. (*)