Foto : Net
Foto : Net

JAKARTA, TODAY — Inilah gebrakan bisnis terbaru Grup Lip­po. Kerajaan bis­nis milik keluarga Mochtar Riady ini akan membangun Little Tokyo di ka­wasan Cikarang, Bekasi, Jawa Brat.

Grup Lippo menggandeng perusahaan asal Jepang, Mistubishi Corporation, me­nyiapkan dana in­vestasi tambahan hingga Rp 13 triliun untuk menggarap kawasan Real Estate terintegrasi Or­ange County, Lippo Cikarang dalam 3 ta­hun ke depan.

Konsep pembangunan kawasan ini adalah kawasan realestate mewah berkonsep Little Tokyo. Target market­nya kalangan ekspatriat alias tenaga kerja asing asal Negeri Sakura yang banyak bekerja di kawasan industri tersebut.

“Yang terlihat sih sedang membangun properti, tetapi sesungguhnya Lippo se­dang membangun komunitas Jepang. Jadi infrastruktur yang bisa menampung in­vestasi dari Jepang,” ujar CEO Lippo Grup James Riady di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Strategi bisnis ini diterapkan mengin­gat memang banyak sekali tenaga kerja asal Jepang yang bekerja di Indonesia khususnya di kawasan Industri Cikarang yakni di pabrik-pabrik dan perusahaan manufaktur berstatus Penanaman Modal Asing (PMA) asal Jepang.

Baca Juga :  Resep Sederhana Membuat Mie Goreng Aceh

“Seperti kita ketahui, sudah banyak pabrik Jepang di koridor Bekasi, Cikam­pek. Sekarang hampir 2.500 pabrik Jepag di sana dan dalam 5-7 tahun ke depan akan bertambah lagi 2.000 sampai 2.500 pabrik barus di sana. Ini adalah peluang yang harus bisa kita tangkap sebaik-baiknya,” ujar putra mahkota Mochtar Riady ini.

Dari total investasi Rp 13 triun dalam 3 tahun mendatang, lanjut James, akan dimanfaatkan untuk pembangunan infra­struktur penunjang kawasan dari mulai hunian atau residensial, mal, rumah sakit hingga sekolah. “Harapan kami bisa ter­bangun 1 rumah sakit Jepang di Indonesia, bekerjasama dengan pihak Jepang. Nanti akan dibangun juga untuk sektor proper­ti, jasa dan logistik. Malah kalau bisa nanti sam­pai pengembangan kawasan Industri,” ujar dia.

Orange County adalah kawasa real es­tate terintegrasi seluas 322 hektare berlo­kasi strategis yang dikelola PT Lippo Cika­rang Tbk (LPCK). Lokasi ini berada dekat dengan pusat kawasan industri Cikarang dengan berbagai aktifitasnya.

Meski demikian, tak banyak pemain sektor properti yang menggarap bisnis hunian di kawasan ini. Keunggulan ka­wasan ini adalah akses tol sendiri yang di­miliki lansung tersambung dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Pintu Tol Cibatu.

Baca Juga :  Resep Cumi Saus Padang Sederhana Tapi Bikin Nagih

Lippo Grup baru saja menandatan­gani perjanjian kerjasama dengan Mit­subishi Corporation untuk menggarap proyek apartemen mewah senilai Rp 1,3 triliun di Orange County, Lippo Cikarang yang diberi nama Glendale Park.

Tak berhenti di situ, kerja sama ini akan terus berlanjut dengan pemban­gunan kawasan real estate terintegrasi Orange County lewat penyediaan sara penunjang hunian dari mulai sekolah, rumah sakit hingga sarana umum lainnya.

Pihak Lippo Grup sendiri, berkomit­men untuk menambah investasinya hingga Rp 6,5 triliun dalam 3 tahun men­datang. “Kita setidaknya mengalokasikan USD 500 juta atau Rp 6,5 triliun untuk berinvestasi dengan Mitsubishi. USD 500 juta dilokasikan untuk 3 tahun, di bidang jasa, properti, dan logistik,” kata James Riady.

Dana tersebut akan disalurkan lewat anak usaha patungan yang 51% sahamnya dikuasai PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) dan PT Diamond Realty Investment In­donesia, anak usaha Mitsubishi.