Foto : Net
Foto : Net

BOM meledak di Mall Alam Sutera, Tangerang Rabu (28/10/2015) siang sekitar pukul 12.50 WIB. Dari hasil olah tempat kejadian perkara oleh pihak kepolisian, ledakan bersumber dari toilet kantin bawah mal.

YUSKA APITYA AJI ISWANTO
[email protected]

Kepala satuan Reserse Kriminal Kepolisian Re­sor Metro Tangerang Ajun Komisarus Besar Sutarmo mengatakan ada satu korban luka ringan. Sang korban saat ini masih dalam perawa­tan, sehingga belum teridentifikasi.

Sutarmo menduga jenis ledakan itu disinyalir hampir mirip dengan ledakan sebelumnya yang terjadi di tempat yang sama pada 9 Juli 2015 lalu. Saat itu Mal Alam Sutera juga sempat dibom, tepatnya di toilet di lantai dasar. “Tempatnya hampir sama dengan kejadian lalu,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dari kejadi­an terdahulu, tetapi bagian dalam toi­let rusak parah. Polisi sempat menga­mankan sejumlah tas hitam yang diduga berisi materi dan partikel dari bom yang diduga bom rakitan.

“Ada kemiripan dan menyeru­pai. Korban satu luka ringan di kaki,” ujar Sutarmo.

Ini kali kedua bom meledak di Mall Alam Sutera. Sebelumnya pada 9 Juli lalu, bom juga meledak di mal ini, di lokasi yang sama, yakni toilet kantin bawah mal.

Baca Juga :  Lowongan CPNS 2022 Untuk 1.086.128 Orang Segera Dibuka

Jenis ledakan kedua ini pun, menurut Sutarmo, mirip dengan ledakan pertama. Pada ledakan per­tama itu, polisi menyita tas hitam yang berisi materi dan partikel bom rakitan.

Ledakan bom pertama itu, menurut Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian, kemungkinan terkait ISIS. Pelaku, kata dia, ialah laki-laki. Namun polisi tidak mempublikasikan hasil reka­man CCTV pada ledakan bom per­tama itu ke publik.

Pada 9 Juli lalu, sebuah ledakan sempat terjadi di Mall Alam Sutera, tepatnya di toilet kantin. Pihak ke­polisian menduga pelaku peledakan berafiliasi dengan jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Ada dugaan juga pelaku berasal dari kelompok Cibiru karena rakitan memiliki bahan peledak yang mirip dengan bahan yang ditemukan polisi di Cibiru, Bandung. Meski demikian, dugaan tersebut belum juga terbukti hingga akhirnya sebuah ledakan baru terjadi lagi di salah satu mall terbesar di Indonesia tersebut.

Sementara itu, korban bernama Fian, seorang karyawan dari Kantin Borneo, mengalami luka bakar dan serpihan di kaki sebelah kiri. Korban sudah dibawa ke ruang perawatan (klinik) Mall Alam Sutera.

Baca Juga :  Kabupaten Pidie Dilanda Angin Kencang, Tiang Listrik Tumbang sampai Atap Rumah Rusak

Terpisah, Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan anak buahnya telah mengamankan satu orang yang diduga terkait ledakan di Mall Alam Sutera, Tangerang. “Iya memang ada yang diamankan, tapi bukan berarti itu pelakunya, seka­rang sedang didalami,” kata dia.

Badrodin belum mau menjelas­kan secara rinci mengenai orang tersebut. Motifnya pun, kata dia, be­lum dapat disimpulkan. “Yang jelas dia kami curigai,” ujarnya. “Besok saya jelaskan.”

Sementara itu, Wakil Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror Komisaris Besar Martinus Hukom saat dihubungi mengatakan orang tersebut ditangkap di dekat lokasi kejadian. Orang tersebut, kata Mar­tinus, berinisial LO. Dia adalah se­orang ahli informasi dan teknologi yang bekerja di sekitar lokasi ke­jadian. “Dia bekerja sebagai pekerja harian lepas,” kata Martinus.

Selain mengamankan satu orang, kepolisian juga menemukan sebuah bom siap ledak di sebuah perumahan setelah melakukan olah tempat ke­jadian perkara. “Kami sedang menga­mankan bom yang belum digunakan di Serang, tepatnya Komplek Banten Indah Permai,” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti mela­lui pesan singkat kepada media. (net)