PD-PPJBOGOR TODAY – Sebanyak 32 pegawai PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) mengi­kuti pelatihan pelayanan prima (ser­vice excellence) gelombang pertama. Pelatihan pelayanan prima ini bertu­juan untuk memotivasi dan memberi­kan pengetahuan kepada pegawai PD PPJ tentang cara, strategi, teknik pelay­anan prima.

Direktur Utama PD PPJ Kota Bogor, Andri Latif, mengatakan, pihaknya akan selalu memberikan pelatihan pelayan­an untuk memotivasi dan memberikan pengetahuan kepada pegawai PD PPJ Kota Bogor. “Sebagai perusahaan jasa, PD PPJ harus selalu memilki keterampi­lan saat memberikan pelayanan kepada stakeholder perusahaan. Pelayanan yang cepat, ramah, dan mempunyai gairah kerja yang tinggi sehingga job desk setiap pegawai dikerjakan dengan tuntas” ujarnya.

Acara yang diselenggarakan di ru­ang rapat Hotel The Sahira Bogor ini merupakan hasil kerjasama PD PPJ dengan ILNA Training Center dan Icon Global Indonesia. Pelatihan ini diisi oleh trainer Muhammad Yusuf yang su­dah bergelut selama lebih dari 18 tahun di dunia pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Trainner, Muhammad Yusuf mam­pu menghipnotis pegawai PD PPJ un­tuk mendengarkan, menyerap, dan mengekspresikan setiap materi den­gan gaya bahasa yang menyenangkan dan intonasi suara yang tidak mono­ton. “Service excellence adalah segala proses pelayanan untuk memberikan barang dan jasa yang melampaui stan­dar atau harapan konsumen” kata M. Yusuf saat mengawali kegaitan pelati­han.

Yusuf juga mengatakan, bahwa konsumen (pelanggan) kita bisa be­rasal dari internal dan eksternal pe­rusahaan. Pelanggan internal adalah atasan, bawahan, rekan kerja, departe­men (bagian) lain di PDPPJ. Sedangkan pelanggan eksternal adalah para peda­gang, rekanan PDPPJ, tamu, dinas/in­stansi lain, dan lainnya.

Kegiatan pelatihan pelayanan pir­ma ini disertai dengan beragam games yang menghidupkan suasana dan menuntut keaktfian, kreativitas, dan kerjasama peserta pelatihan. “Team work sebuah inti dari segala rencana besar, semakin tinggi tantangannya, maka semakin tinggi kebutuhan akan kerjasama.“ tegas Yusuf.

Direktur Umum PD PPJ, Deni Harumantaka, menegaskan bahwa pelatihan pelayanan prima ini akan diselenggarakan bertahap untuk selu­ruh pegawai, sehingga setiap pegawai dapat memahami pentingnya service excellence. “Motto Next process is our custumer, harus dipahami setiap pega­wai untuk mewujudkan pelayanan pri­ma di lingkungan PDPPJ” pungkasnya.

(Guntur Eko Wicaksono)