Untitled-6Presiden Joko Widodo tengah gencar membenahi ekonomi nasional. Salah satu langkah besar yang ditempuh adalah menarik investor dalam dan luar negeri agar perekonomian bergerak dan tumbuh. Pemerintah Kota Bogor dan para investor lokal siap mendukung langkah besar Presiden Jokowi di bidang ekonomi.

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Kota Bogor saat ini se­dang giat melakukan pembangunan sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang sudah melam­paui angka 1 juta jiwa. Mereka membutuhkan banyak lapangan pekerjaan. Problem lapangan pe­kerjaan ini bisa diatasi jika ren­cana pembangunan Kota Bogor sebagai “Kota Jasa yang Bermar­tabat” bisa diwujudkan.

Aliran dana investasi dari luar maupun dari pengusaha lokal yang kian bertambah, menun­jukkan perekonomian Kota Bo­gor bergerak maju. Lapangan pekerjaan kian terbuka, kes­ejahteraan masyarakat semakin baik, dan pendapatan daerah meningkat untuk mendukung perbaikan dan peningkatan infrstruktur kota. Sehingga Kota Bogor tetap nyaman dan menarik sebagai pilihan tem­pat tinggal dan tujuan wisata. ‘’Seperti halnya kota-kota be­sar di dunia yang pendapatan devisa utamanya dari sektor pariwisata,’’ kata Direktur Ho­tel Salak Grup Agus Prihanto kepada Bogor Today, Minggu (1/11/2015).

Baca Juga :  Pecahkan Rekor MURI, Es Teh Indonesia Serentak Resmikan 50 Outlet di Indonesia

Untuk mendukung pengem­bangan Kota Bogor sesuai ko­sep ‘’Kota Jasa yang Bermarta­bat’’ Grup Hotel Salak sebagai salah satu investor lokal, mem­bangun Salak Tower Hotel. Tujuannya untuk mendukung Pemkot Bogor dalam menye­diakan jasa akomodasi bertaraf internasional. ‘’Saat ini Kota Bogor merupakan salah satu kota yang diminati oleh wisata­wan untuk berekreasi dan juga corporate untuk melakukan pertemuan-pertemuan,’’ kata Agus.

Banyaknya tamu MICE (Meeting, Incentive, Conffer­ence & Exhibition) menuntuk Kota Bogor mampu meny­iapkan fasilitas akomodasi yang layak dan bertaraf inter­nasional. ‘’Salak Tower Hotel menyediakan fasilitas akomo­dasi dan rapat yang nyaman untuk tamu nasional maupun internasional, sehingga mere­ka teratarik untuk datang ke Bogor,’’ terang Agus.

Bangunan Salak Tower Ho­tel memiliki 20 lantai dengan desain bergaya art deco yang diselaraskan dengan lingkun­gannya di pusat kota. Perenca­naan bangunan yang kompak dengan tetap memperhatikan faktor ramah lingkungan dan local value, seperti penggu­naan air recycle, system en­ergy saving, penggunaan air panas dari memanfaatkan buangan system pendingin udara yang bahkan sudah berteknologi inverter yang hemat, system elektrikal yang otomatis dengan lampu LED yang hemat, serta teknologi ramah lingkungan lainnya. Tentunya kawasan kota akan menjadi tertata lebih apik dan nyaman untuk dinikmati baik masyarakat kota maupun wisa­tawan.

Baca Juga :  Merawat Tradisi Membuat Dandang Nasi

Dengan adanya pembangu­nan Salak Tower Hotel akan banyak benefit untuk kota dan masyarakat Bogor. Mulai dari menggerakan perekonomian kota, membuka lapangan kerja untuk warga kota Bogor, menimbulkan multiplier efek usaha baru, seperti jasa pen­gadaan, penyediaan material, jasa event organizer, dan kon­tribusi pendapatan daerah.

Saat ini proses pemban­gungan sudah sampai 90%. Rencananya Salak Tower Hotel akan mulai beroperasi pada bulan Desember 2015. ‘’Kami siap berkontribusi untuk turut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga Kota Bogor,’’ ujar Agus.