alfian mujani 240SETIAP peristiwa yang kita lalui, bukan sesuatu kebetulan. Tetapi semuanya mengikuti sunnatullah. Karena itu, pasti ada hikmah dan rahasia di balik peristiwa. Hanya yang mengetahui hikmah dan rahasia itulah yang akan tetap berjalan di atas bumi dengan damai tanpa gelisah. ‘’Barang siapa yang diberi oleh Allah hikmah, maka ia telah betul-betul diberi kebaikan yang banyak.”

Hikmah itu barang mahal. Ia tak mung­kin ditempatkan dalam wadah yang rapuh, wadah yang kotor, wadah yang menjijikkan. Hanya hati yang bersih yang layak menam­pung hikmah, yang layak menjadi tempat di­titipinya hikmah. Babagiamakah dengan hati kita? Sudah cukup layakkah menjadi tempat hikmah? Aa Gym bilang, jagalah selalu hati kita agar tahu sebersih apa, sekotor apa.

Tetang rahasia, Dr Ahmad Imam Mawardi menjelaskan begini: Seperti halnya manusia, selalu menceritakan rahasia pada orang yang paling akrab, orang yang paling dekat, orang yang paling terpercaya. Maka, rahasia ke­hidupan pun hanya akan disampaikan kepada mereka yang dekat dan dan dipercaya oleh Al­lah. Seakrab apakah kita dengan Allah?

============================================================
============================================================
============================================================