Lenovo-S60Lenovo menggandeng PT. Tri Dharma Kencana (TDK) dalam membangun fasilitas perakitan ponsel 4G tersebut di Serang, Banten. Untuk tahap awal, syarat TKDN yang ditetapkan pemerintah adalah sebesar 20 persen, kemudian pada awal 2017 kandungan dalam neg­eri dalam ponsel 4G akan ditingkatkan menjadi 30 persen, dan Lenovo telah memenuhi syarat ini.

Dijelaskan oleh Head of Research & Development Department PT. TDK, Yunizar, kandungan lokal yang ada di dalam ponsel 4G Lenovo saat ini ben­tuk fisiknya berupa kardus karton, gift box, label, baut-baut, dan seal. Bentuk non-fisik TKDN ponsel Lenovo berupa riset dan pengembangan, pengujian software dan aplikasi Android.

BACA JUGA :  Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Spain Masters 2024, Berikut Hasil Drawing

Selain itu, dijelaskan CEO PT. TDK, Hendrik L. Karosekali, persentase 20 persen dari aturan TKDN itu kompo­sisinya terdiri atas 80 persen manufak­tur dan 20 persen RnD (research and development). “Upah buruh, pajak pertambahan nilai itu juga termasuk dalam TKDN,” kata Hendrik, Kamis (5/11/2015).

Hendrik optimis PT. TDK mampu memenuhi syarat kandungan TKDN 30 persen di tahun depan. Karena menurutnya, industri manufaktur ponsel di Indonesia sudah siap dari hulu hingga ke hilir. “Itu SMT (single mount technology), seal, baterai, LED backlight sudah ada yang produksi di dalam negeri lho,” ujarnya.

BACA JUGA :  Libur Lebaran 2024 di Bogor Aja, Sahira Hotel Siapkan Promo Spesial Plus Tiket Rekreasi

Saat ini, PT. TDK telah memproduksi dua tipe smartphone 4G Le­novo, seri A2010 dan A6010. Kapasitas produksinya per bu­lan antara 40.000 hingga 50.000 se­bulan dengan dua jalur produksi. Kapasitas ini akan ditingkatkan menjadi 75.000 hingga 150.000 ponsel dalam sebulan setelah lini produksi ketiga diope­rasikan. Se­lain Lenovo, PT. TDK juga me­miliki jalur produksi untuk pon­sel Huawei dan ZTE, namun keduanya masih merupakan ponsel 2G/3G.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

============================================================
============================================================
============================================================