alfian mujani 240ORANG bilang pemilu adalah pembuat hati jadi pilu. Sedangkan pilkada pembuat luka di dada. Ini bisa ter­jadi karena pemiludan pilkada selalu men­ebar dua hal yang menutupi realitasyang sesungguhnya, yaitu Tebar Pesona dan Tebar Kebencian.

Tebar pesona adalah menampilkan cit­ra terbaiknya dengancara menutup rapat kekurangan, aib, dan pelanggaran yangper­nah dilakukannya. Banyak rakyat yang men­jadi fans fanatikyang rela mengorbankan apapun demi yang diidolakan itu. Ketika semua terkuak dan ketika tampilan utuhn­ya sudahkelihatan, para fans semacam ini menjadi orang yang palingkecewa, yakni ke­cewa pada titik terendah, walaupun kadan­gdisembunyikan di balik apologia.

Tebar kebencian adalah upaya menghan­tam dan merusuk rivalpolitik dengan cara menampilkan semua kejelakan, aib, danpel­anggaran yang dilakukan lawan politik. Dia ingin tinggidengan cara menginjak orang lain. Kalau orang yang beginimenang, pasti menginjak pemilihnya sendiri atau melukai parafansnya sendiri. Jadi, hati-hati men­dukung peserta pilkada danpemilu…!

============================================================
============================================================
============================================================