Foto : net
Foto : net

SAYEMBARA desain Situ Front City yang digelar Bappeda Kabupaten Bo­gor kian ramai peminat. Senin (9/11/2015) ada 11 orang peserta yang mendaftar. Padahal, masa pendaftaran masih cukup panjang yakni tiga minggu lagi.

‘’Tanggal 12 November 2015 nanti akan dia­dakan anweising (penjelasan lebih detil, Red) oleh pihak IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) kepada seluruh undangan,’’ ujar Kepala Bappeda Kabupaten Bogor Dr Ir Syarifah So­fiah kepada Bo­gor Today, Senin (9/11/2015)

Menurut Syarifah, jumlah peserta sayembara diperkirakan akan bertambah lebih ban­yak lagi setelah diberikan penjelasan detil oleh pihak IAI yang ditunjuk sebagai lembaga inde­penden penyelenggara lomba. ‘’Hari Kamis, 12 Novmebre 2015 akan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai konsep desain di Jakarta Design Center (JDC) Jalan Gatot Sub­roto, Petamburan, Jakarta Pusat,’’ katanya.

Baca Juga :  Akibat Abrasi, 387 Jiwa di Pesisir Amurang Masih Hidup di Pengungsian

Setelah dilakukan anwidzing, menurut Ifah, panggilan Syarifah Sofiah, nanti hasilnya berupa risalah dan berita acara, akan dipublikasi­kan secara luas melalui berbagai sal­uran informasi seperti milis, sosial media, dan web. Informasi ini juga akan disebarkan ke data base ang­gota IAI di seluruh Indonesia. ‘’Jum­lah anggota aktifnya sekitar 3.000 orang arsitek,’’ katanya.

Di Jakarta dan kawasan Tangerang Selatan, terutama di ka­langan para konsultan perumahan, sayembara desain Situ Front City sudah menjadi bahan pembicaraan. Banyak juga dari mereka yang tidak tahu kalau di Cibinong Raya ter­dapat banyak danau. Tetapi umum­nya mereka tahu kalau di kawasan ini memang memiliki puluhan situ warisan Belanda.

Baca Juga :  40 DPK KNPI Kabupaten Bogor Dilantik Serentak, Ketua DPD : Ini Sejarah

Bagi mereka yang sudah paham kondisi Cibinong Raya, sudah bisa membayangkan, paling tidak sudah punya imajinasi akan seperti apa kelak Cibinong Raya jika disulap menjadi kota di muka danau. ‘’Wah, Cibinong bisa keren banget itu,’’ kata Slamet Rianto, konsultan de­sain dan kontraktor, yang juga me­nyatakan berminat mengikuti lomba ini.

(Alfian M)