Theo-Walcott---FootyRendersKEDUA tim memiliki catatan bagus dan dan ja­rang menelan kekalahan baik dilaga persa­habatan atau ajang resmi, Tim tuan rumah sendiri akan berusaha kembali menerus­kan kemenangan saat berhadapan dengan Inggris pada Sabtu dini hari nanti.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Sejumlah tim nasional dijadwal­kan mengisi kalender Federa­tion Internationale de Football Association (FIFA) dengan men­jalani laga persahabatan atau uji coba. Beberapa laga yang layak diprediksi berjalan seru di antaranya Spanyol vs Inggris, Jerman vs Belanda, Prancis vs Jerman, Belgia vs Italia, Rusia vs Portu­gal, Belgia vs Spanyol, Inggris vs Pran­cis, dan Italia vs Rumania.

Bek tengah Manchester United Phil Jones menilai bahwa tim nasional Ing­gris layak mendapatkan respek setelah meraih hasil sempurna pada kualifikasi Piala Eropa 2016.

Selama ini, The Three Lions selalu dipandang sebelah mata karena diang­gap tak mampu bersaing dengan se­jumlah negara Eropa seperti Spanyol, Jerman, atau Perancis. Anggapan itu semakin menguat setelah Inggris ters­ingkir dari fase grup pada Piala Dunia 2014.

Baca Juga :  Kejuaraan Taekwondo Pelajar se-Jawa Barat Digelar, Sebagai Sarana Pengembangan Prestasi Taekwondo Jenjang Pelajar 

Akan tetapi, Jones berpendapat bahwa skuat Inggris saat ini memiliki kualitas yang lebih baik. Ia juga opti­mistis Inggris mampu mengatasi Span­yol dan Prancis pada laga persahabatan yang akan digelar dalam beberapa hari ke depan.

Inggris akan bertandang ke Span­yol pada Sabtu (14/11/2015). Adapun Prancis akan bertamu ke London pada Rabu (18/11/2015). “Mereka (Prancis dan Spanyol) adalah dua tim besar dengan pemain yang hebat, tetapi begitu juga dengan kami. Kami telah menorehkan catatan yang baik setelah kami dikalahkan Uruguay (pada Piala Dunia 2014).

Baca Juga :  Bupati Iwan Sambut Baik Rencana Stadion Pakansari Jadi Home Base Rans Nusantara FC

Kami akan menjalani ujian bagus melawan Perancis dan Spanyol,” ujar Jones, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (11/11/2015).

“Orang-orang mengatakan bahwa Inggris belum memiliki tim yang lebih baik dan sebagainya. Namun, kami ha­rus membuktikannya dan mengalah­kan lawan di depan kami. Semua orang telah memainkan perannya dan mer­eka harus mendapatkan respek,” kata Jones.

Pada kesempatan itu, Jones juga menyatakan bahwa Inggris memiliki lini belakang yang tangguh. “Lini be­lakang kami telah melakukan tugasnya dengan baik dan kami punya barisan pertahanan yang kuat. Kami akan men­coba untuk mempertahankan perfor­ma,” lanjut Jones.

Jones mengawali debutnya bersama Inggris pada laga kualifikasi Piala Eropa 2012 kontra Montenegro, 7 Oktober 2011. Kala itu, Inggris masih ditangani oleh pelatih asal Italia, Fabio Capello.