IMG_9648Babak delapan besar Liga Santri Nusantara Sepak Bola U 17 Piala Menpora RI sudah selesai. Pertandingan yang digelar selama dua hari Sabtu dan Ahad Pada 14-15 No­vember 2015 dilangsungkan di Lapangan UPI Bandung, Jawa Barat.

Keempat tim itu adalah PP Nurul Islam Jember, PP Nur Iman Sleman, PP Darunnajah Garut, PP Al Asariyah Tangerang. Nurul Islam Jember mengantongi tiket ke semifinal setelah mengalah­kan PP Alfiah Purwakarta dengan skor 4-1 pada Sabtu (14/11).

Pada pertandingan kedua di hari yang sama, PP Nur Iman Sleman berhasil menang atas PP Darul Maarif Indramayu den­gan skor 3-0. Pada Ahad (15/11) digelar dua pertandingan. Per­tandingan ketiga PP Darunnajah Garut menang atas PP Walison­go Sragen dengan skor 2-1.

Sedangkan pertandingan keempat, mempertemukan antara PP Al Asyariah Tangerang melawan PP Al Ikhlas DKI Jakarta. Al Asyariah menang atas Al Ikhlas dengan skor 3-0. Pengurus Pusat LSN Mukaffi Makki mengatakan semifinal dan final LSN akan di­gelar di Gor Delta stadion kebanggaan masyarakat Sidoarjo Jawa Timur.“Semifinal digelar pada tanggal 3 Desember 2015. Untuk finalnya dilangsungkan pada 6 Desember 2015. Sedangkan pada 4-5 Desember akan didakaan pameran foto LSN selama 2 hari di Royal Plaza Surabaya,” kata Wakil Ketua Liga Santri Nusantara Romi Basarah.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk hadiah para juara mendapatkan uang pembinaan Rp100 juta untuk juara perta­ma, juara dua 75 juta, dan juara ketiga 50 juta. Untuk tim juara harapan, pemain terbaik, pelatih terbaik, dan top score masing-masing mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 10 Juta.

Selain itu, lanjut Romi, untuk Juara Liga Santri Nusantara 2015 ini akan dikirim pada ajang kompetisi sepak bola U-17 Se Asia. “Lebih lanjut pembinaannya juga dalam bentuk mengir­imkan pemenang Liga Santri dalam Ajang kompetisi sepakbola U-17 se Asia yang akan digelar di Singapura pada bulan Maret 2016,” katanya.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]