BOGOR, Today – Dinas Pendidikan (Dis­dik) Kota Bogor membuka kelas pendidi­kan karakter bagi siswa tingkat menengah atas untuk menumbuhkan karakter siswa yang unggul cerdas dan mulia.

“Ini salah satu upaya Disdik dalam me­majukan prestasi siswa. Disdik juga akan mendatangkan narasumber profesional yang akan melatih serta membekali para siswa agar dapat berpretasi baik itu nasi­onal dan internasional,” terang Kepala Dis­dik Kota Bogor, Edgar suratman.

Kelas ini sendiri dibuka pada akhir Oktober 2015 lalu disetiap sekolah. Sasa­ran dari kelas tersebut yaitu, sekolah yang sudah memiliki prestasi yang baik dalam bidang akademik dan non-akademik, serta sekolah-sekolah yang memiliki reputasi buruk.

Kelas karakter tersebut akan mem­bantu sekolah berprestasi baik untuk me­ningkatkan prestasi siswanya. Sedangkan, untuk sekolah yang memiliki reputasi yang buruk, kelas ini membantu para siswa un­tuk fokus pada prestasi yang harus diraih.

Untuk mensukseskan program terse­but, Edgar menyebutkan, pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah instansi dalam pengisian materi diantaranya Badan Narkotika Nasional (BNN). Selain itu, Dis­dik juga akan menggandeng Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah).

Edgar meyakini, program tersebut bisa menjadi solusi dari fenomena kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan selama ini. Pihaknya berupaya untuk mengopti­malkan pembinaan pada para siswa yang memiliki reputasi buruk melalui program tersebut. “Jika selama ini para siswa yang bermasalah menjadi masalah di masyara­kat, kini waktunya mereka menjadi solusi dari masalah tersebut,” tuturnya.

(NET)

============================================================
============================================================
============================================================