BOGOR TODAY – Institut Per­tanian Bogor (IPB) kembali menggelar Festifal Bunga dan Buah Nusantara 2015 (FBBN- 2015) acara tahunan yang ru­tin diselenggarakan ini, akan diadakan pada 27-29 November 2015, mendatang. Bertemakan ‘Revolusi Pengembangan Buah Nusantara Skala Usaha Kecil dan Menengah Untuk Kes­ejahteraan Bangsa Indonesia’, acara ini ditargetkan mengun­dang 1.000 orang yang akan dihadiri juga oleh Presiden RI Joko Widodo.

Rangkaian acara FBBN-2015 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dihari pertama akan ada diskusi oleh Forum Investigasi dan Bisnis Buah Nusantara Skala Usaha Kecil dan Menengah (IHIBF) yang diadakan di IPB International Convention Center (IICC) Ba­ranangsiang Bogor. Hari kedua, Fruitpreneur Got Talent yang diadakan di IICC juga, dan un­tuk hari ketiga, akan ada carna­val bunga dan buah nusantara dengan rute mengelilingi Ke­bun Raya Bogor.

Baca Juga :  Satu Tahun Bertugas di Papua, 400 prajurit Elit TNI 315/Garuda Tiba di Bogor

Rektor IPB, Herry Suhardi­yanto, mengatakan, dalam aca­ra FBBN-2015, bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi, dan mengkampanyekan pengem­bangan bunga dan buah nus­antara. Ia juga menambahkan, Presiden RI Joko Widodo me­nyatakan kesediannya untuk hadir dalam acara tersebut. “”Awal November lalu, Presiden Jokowi menyatakan kesediaan­nya untuk hadir,” kata dia.

Ketua Pelaksana FBBN- 2015, Jumadi S Witoprwiro, mengatakan, FBBN kali ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan sejak dimulai tahun 2013 oleh IPB bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor dan sejumlah kement­erian. Kegiatan ini ditujukan untuk mempromosikan bunga dan buah lokal agar lebih di­minati oleh masyarakat untuk dikonsumsi sehingga mendo­rong meningkatnya produkti­vitas pertanian. “Acara ini di­targetkan dihadiri oleh 1.000 orang pengunjung. FBBN kali ini akan lebih meriah dan semarak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” un­gkapnya.

Baca Juga :  Pembelian BBM Melalui Aplikasi MyPertamina Belum Diterapkan di Bogor

Jumadi juga menjelaskan, selain ada karnaval bunga dan buah Nusantara keliling Kota Bogor, acara in juga dimeri­ahkan dengan aneka lomba, seperti lomba fotografi bunga dan buah, processing buah, merangkai bunga, fashion show untuk anak usia dini, meng­gambar. “Pada FBBN 2015 ini akan ada sekitar 25 mobil hias, 20 grup marching band, 55 per­tunjukan kostum dan 20.000 peserta yang akan berkeliling Bogor mengampanyekan ke­cintaan terhadap buah lokal,” ungkapnya.

(Rizky Dewantara)