IMG-20151119-WA0011Tak semua orang membuka usaha kuliner bermotif ingin meraup laba besar. Ada juga yang motifnya tergolong mulia, yakni ingin menghadirkan makanan sehat bagi masyarakat konsumen. Motif inilah yang mendasari Marisi Silalahi membuka D’Vict Cafe di Pasar Bersih Sentul City, Kabupaten Bogor.

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Di tenda D’Vict Cafe ini, Marisi menawar­kan aneka juice buah segar seperti buah naga, mangga, apel, sirsak, pepaya, dan lain-lain yang tu­juannya untuk menyediakan makanan sehat. ‘’Saya merasa tergerak untuk membuka usaha ini lantaran punya pengalaman merawat anak autis,’’ kata wani­ta berusia 46 tahun ini.

Menurut istri dari politisi Par­tai Golkar Wisnu Wardono ini, makanan sehat sangat menentu­kan kualitas kesehatan generasi bangsa. Karena itu, sebelum mem­buka cafe di Pasar Bersih Sentul, Marisi membuka kantin makanan sehat di daerah sekitar tempat pe­mondokan mahasiswa di Jatinan­gor, Sumedang. ‘’Saya buka kantin di antara kampus Unpad, STPDN,’’ tuturnya.

Baca Juga :  Merawat Tradisi Membuat Dandang Nasi

Marisi terus belajar tentang aneka makanan dan minuman menyehat­kan. Menurut dia, aneka juice buah segar tergolong makanan yang san­gat penting bagi kesehatan. Banyak kandungan anti oksidan dan vitamin C dalam banyak jenis buah-buahan. ‘’Di Jatinangor dekat kantin saya, ada yang jualan aneka jus buah-buah segar. Larisnya luar biasa. Saya lihat bisnis ini selain menyehatkan konsumen, juga memberikan keun­tungan yang besar,’’ katanya.

Karena itu, ketika dia pindah rumah ke kawasan Sentul, ganti haluan usaha. Terlebih lagi di Pas­ar Bersih Sentul City belum ada yang jualan juice buah-buahan segar. ‘’Nah, di tempat ini niat saya menekuni usaha aneka jus buah segar bisa dilaksanakan,’’ ujar Ma­risi yang tampak sangat kompak dengan suaminya.

Seperti niatnya untuk menyaji­kan makanan dan minuman sehat, Marisi memilih buah-buahan yang benar-benar segar untuk bahan juice yang akan dipasarkanya. Dia juga menghindari penggunaan gula berlebihan, apalagi susu dalam juice yang dibuatnya. Harga per-cup juice dibandrol hanya Rp 7.000, sangat terjangkau.

Baca Juga :  Merawat Tradisi Membuat Dandang Nasi

Soal rasanya, jangan diragukan. Karena terbuat dari buah-buahan pilihan, juice batan Marisi benar-benar terasa segar dan aroma buahnya sangat kuat. Seperti juice mangga, misalnya, karena terbuat dari mangga harumasi yang sangat tua, seperti matang di pohon, rasan­ya sangat manis dan harum meski tanpa gula.

Marisi mengaku bisa menjual 50- 70 cup juice aneka buah segar setiap harinya. Pada hari Sabtu dan Ming­gu omsetnya meningkat hampir dua kali lipat.

Selain menjual juice aneka buah, Marisi juga menyediakan minuman hangat dan dingin seperti teh. ‘’Saya sediakan teh untuk mensuport ke­dai-kedai makanan lain yang tidak menyediakan minuman panas,’’ pungkasnya.


1 KOMENTAR

Comments are closed.