Lionel-Messi---FootyRenders-(2)FC Barcelona hanya membutuhkan satu poin tambahan untuk mengunci tiket babak 16 besar Liga Champions saat menjamu AS Roma pada matchdayke-5 Grup E di Stadion Camp Nou, Rabu (25/11/2015) dini hari. Modal kemenangan0-4 dalam laga El Clasico kontra Real Madrid pun dipertaruhkan dalam laga ini.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Hasil seri melawan Ilupi akan mem­bawa Blaugrana selalu lolos ke fase gugur dalam 12 musim tera­khir. Hal ini juga bisa terjadi jika Bayer Leverkusen gagal meraup poin penuh saat jumpa BATE Borisov dalam pertandin­gan lain di Grup E.

Enrique pun menegaskan kalau Messi sudah pulih 100 persen.

“Ia telah sehat kembali dan ini meru­pakan kabar gembira bagi kami – untuk me­nyaksikan pemain terbaik kembali dan sek­arang kami bakal menikmatinya,” ungkap sang pelatih. “Messi sudah pulih sepenuh­nya, ia sudah berada dalam pola pikir yang tepat dan cederanya sudah dilupakan. Ia harus mengembalikan kekuatan otot dan penampilannya, tetapi Anda harus bermain untuk mengembalikannya.”

Enrique juga menegaskan kalau hubun­gannya dengan Messi sekarang sudah baik-baik saja.

“Leo pemain yang sangat penting bagi kami. Mudah-mudahan dia dan Ivan Rakit­ic bisa segera turun kembali ke lapangan dalam waktu cepat,” kata Enrique.

Performa apik Barca yang belum terka­lahkan dalam delapan pertandingan dan belum kebobolan di lima pertandingan terakhir mereka diyakini akan mendapat perlawan sengit dari tim ibukota Italia itu. Pasalnya, pasukan Rudi Garcia harus meng­hindari kejaran Leverkusen yang terpaut satu angka diposisi tiga.

BACA JUGA :  Mudik Lebaran Naik Bus? Ini Dia 5 Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Jika menilik pada pertemuan kedua tim di Stadion Olimpico, Roma, raupan satu di Camp Nou bukanlah hal sulit bagi Andres Iniesta dkk. Karena, mereka berhasil mena­han Serigala Roma 1-1, saat gola Suarez ber­hasil disamakan Alessandro Florenzi lewat sebuah fenomenal dari tengah lapangan.

Namun, Blaugrana masih memiliki Ney­mar yang sukses mengemas satu gol dan Luis Suarez, dua gol saat meremukkan Real Madrid di Santiago Bernabeu untuk men­jaga daya gedor pasukan Catalan dan mene­bar teror di lini belakang Ilupi.

Berbanding terbalik dengan Barcelona, kubu AS Roma justru pincang karena tidak diperkuat beberapa pilar utama mereka, seperti kapten Francesco Totti, Gervinho, Mohamed Salah dan Daniele De Rossi yang belum fit untuk diturunkan, posisinya pun akan diisi Seydou Keita.

Dengan melihat hasil pertemuan kedua tim pada matchday 1 dan absennya beber­apa pila AS Roma, barcelona kemungkinan akan mendominasi laga malam nanti den­gan dukungan puluhan ribu Barcelonista yang akan hadir menyaksikan tim kesayan­gan mereka lolos ke fase gugur.

Hal ini diperparah dengan modal tera­khir mereka di Serie A yang hanya meraih hasil imbang 2-2 kontra Bologna, Sabtu lalu saat harus bermain dilapangan penuh air di Stadion Renato Dall’ara.

Saat ini, Barcelona masih kokoh dipun­cak klasemen Grup E dengan raihan 10 poin, disusul AS Roma (5 poin) di peringkat dua, kemudian Bayer Leverkusen (4 poin) dan BATE Borisov (3 Poin). Jika AS Roma menang melawan Barcelona dan Leverku­sen dikalahkan BATE, maka Francesco Totti Cs bisa melenggang ke fase gugur dan tidak bisa dikejar lagi dengan menyisakan satu pertandingan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Senin 25 Maret 2024

Penjagaan Ekstra Ketat

Protokol keamanan ekstra akan diber­lakukan dalam laga Barcelona melawan AS Roma di Liga Champions. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi aksi teror seperti di Paris beberapa waktu lalu.

Pihak Barcelona menyatakan, akses ke stadion akan dibuka tiga jam sebelum pertandingan dimulai dan penonton disa­rankan tiba di Camp Nou sebelum waktu tersebut. Yang tak kalah penting, untuk ma­suk wilayah stadion, kepemilikan tiket atau kartu keanggotaan sifatnya mutlak.

Di poin lain disebutkan, segala bentuk tas punggung, koper atau tas dalam ukuran besar tidak diizinkan masuk ke Camp Nou. Kendaraan-kendaraan pun harus terlebih dahulu melalui pemeriksaan keamanan standar.

Pantau Pengganti Xavi

Laga kontra AS Roma menjadi kesempa­tan Blaugrana untuk memantau gelandang tim lawan, Miralem Pjanic untuk diproyeksi­kan sebagai pengganti Xavi Hernandez pada bursa transfer musim panas Juni mendatang.

Gelandang asal Bosnia-Herzegovina berusi 25 tahun itu telah menarik minat raksasa Catalan sejak beberapa musim lalu, saat Luis Enrique mengarsiteki AS Roma pada musim 2011/2012.

Perburuan terhadap Pjanic pun akan dimulai saat Barca lepas dari sanksi embar­go FIFA pada Januari 2016 meski kontrak sang playmaker di Roma menyisakan tiga tahun lagi. Namun, guyuran 40 juta Euro (sekitar Rp 583 miliar) bisa meluluhkan Ser­igala Roma luluh dan melepas pemain yang digaji 4 juta euro (Rp 58,2 miliar) per musim itu. (*)

============================================================
============================================================
============================================================