010908300_1447671608-Febri_Haryadi__Persib-biru_tua__zaidan_nazarul__1_BANDUNG, Today – Langkah Persib Bandung di turnamen Piala Jenderal Sudirman han­ya sampai babak penyisihan grup C usai mengalami dua kali kekalahan dan satu kali menang.

Meski masih menyisakan satu laga menghadapi PS TNI besok, hasil yang diperoleh Persib tak berpengaruh terhadap klase­men grup C. Fakta ini membuat Walikota Bandung, Ridwan Ka­mil sedih.

Meski demikian, Kang Emil, sapaan akrabnya, ma­sih maklum. ”Saya sebagai bobotoh, sedih Persib ti­dak lolos. Tapi kan kita su­dah juara Piala Presiden yang levelnya lebih tinggi, cukup lah setiap setahun juara. Hujan ge aya raatna (hujan pun ada redanya),” katanya saat ditemui di Bandung, Minggu (29/11/2015).

Persib memang mengalami banyak kendala di PJS. Beberapa pemain pilar ada yang cedera atau membela klub lain sebelum turnamen dimulai. Contohnya dua pemain berpengaruh, Zulham Zam­run dan Vladimir Vujovic yang tidak main sama sekali di turnamen ini.

Selain itu faktor paling utama kega­galan Maung Bandung karena Indonesia tidak memiliki kompetisi sepak bola.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menang Tipis 0-1 Lawan Australia

“Karena formasi yang sudah juara itu banyak perubahan, Konate eweuh (gak ada), Vujovic eweuh (gak ada), Zul­ham gak ada. Tanpa komposisi yang baik susah, makanya saya bilang komposisi baik jangan dirubah-rubah,” ujarnya.

Tapi kondisi ini gak bisa disalahkan, karena memang gak ada kompetisi yang jadi problem. Akhirnya mereka butuh hidup, bekerja jadi dipinjam sana sini jadi kacau sistemnya.

Kendati begitu, ujar Emil, bobotoh tak perlu sedih menyusul sebelumnya Persib sudah menjuarai Piala Pres­iden 2015. Menurutnya, Piala Presiden levelnya lebih tinggi ketimbang Piala Sudirman.

Akhir Desember Lawan PSMS Medan

Laga yang mempertemukan antara Persib Bandung melawan PSMS Medan akan segera terwujud. Ya, kedua tim dijadwalkan bakal bentrok dalam laga bertajuk Perisai Cup pada akhir Desem­ber 2015.

Laga ini digelar untuk memperte­mukan Persib selaku juara Piala Pres­iden dengan PSMS yang menjadi juara Piala Kemerdekaan.

BACA JUGA :  Erik Ten Hag Tinggalkan Konferensi Pers Usai Laga Bournemouth vs MU

Kepastian bakal digelarnya laga tersebut diungkapkan pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman. Rencananya, per­temuan kedua tim akan berlangsung dengan sistem kandang-tandang.

Nantinya, Persib bertandang lebih dulu ke markas PSMS pada 26 Desem­ber. PSMS gantian menyambangi kan­dang Persib pada 30 Desember.

“Sepertinya kami (Persib) sudah sepakati dan kami akan ikut,” ucap Djad­jang, seperti dilansir laman resmi Persib.

Kendati begitu, pelatih yang akrab disapa Djanur ini mengakui timnya mengalami kendala dari segi persiapan.

“Mungkin yang menjadi bingung, bagaimana mengumpulkan pemain dalam libur seperti ini. Sementara kami tidak mungkin tanpa persiapan lagi, minimal seminggu sampai sepuluh hari. Itu yang sulit mengumpulkan,” jelasnya.

Persib saat ini masih bertanding di turnamen Piala Jenderal Sudirman (PJS). Mereka akan melakoni laga pe­mungkas di grup C melawan PS TNI di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (30/11). Tim Maung Bandung sudah di­pastikan tersingkir dari turnamen terse­but.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================