Untitled-1Memadukan citarasa Negeri Kincir Angin, Belanda dengan citarasa lokal, Klappertart Huize Hotel Salak menyajikan kudapan yang banyak diburu wisatawan sebagai buah tangan untuk orang terkasih.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Mengedepankan kudapan, Klappertart Huize Hotel Salak menghadirkan 15 var­ian menggoyang lidah yang bisa menjadi pilihan para pecinta kuliner. Walhasil, penganan khas Ma­nado ini tak pernah sepi dari serbuan pengunjung.

Aroma lembut me­nyeruak tatkala Klap­pertart beraneka warna tersaji manis di atas meja. Berma­cam topping warna – warni menggugah gairah, tak terasa air liur hampir menetes tak sabar untuk me­nyantap.

Suapan pertama, rasanya tak akan terlupa. Tekstur lembut Klappertart terasa lembut di lidah, rasa ini tetap kuat hingga mengalir di tenggoro­kan. Di antara pasta isian, terselip daging buah kelapa muda yang diserut utuh. Bila diperhatikan, ada lapisan serupa karamel pada toppingnya.

Chef Klappertart Huize, Wahyu me­maparkan bahwa lapisan tersebut meru­pakan perpaduan antara putih telur dan gula. Kedua bahan tersebut dikocok hing­ga berbuih kemudian dipanaskan menjadi lapisan karamel. “Ini namanya meren­gue,” katanya.

BACA JUGA :  Berbagi Kebahagiaan, JJB Bagikan Takjil Gratis Ke Pengendara

Dijelaskannya, Klapertart dibuat dari bahan-bahan berupa susu murni, gula, fresh cream cair, tepung maizena, terigu, margarin, kuning telur, kelapa muda, vanila essence, dan kayu manis. “Pada dasarnya cara pembuatannya sederhana, namun tanpa rum, Klappertart kami jadi berbeda,” ungkapnya.

Sales and Marketing Klappertart Huize, Doni Lahay memaparkan bahwa resto yang berdiri sejak tahun 2011 ini awalnya hanya melayani pembelian take­away. Namun seiring perkembangannya yang pesat, kini telah membuka gerai yang berlokasi di Jalan Pangrango Nomor 25 Bogor.

“Base on story, kudapan ini dahulu dibawa oleh Belanda pada zaman penjajahan ke Mana­do. Kini, klappertart dikenal luas sebagai salah satu kudapan yang banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh para wisa­tawan,” katanya saat berbincang dengan BOGOR TODAY.

BACA JUGA :  55 ASN Pemkot Bogor Dilantik, Dedie Rachim: Beri Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

“Kami juga ada pro­mo spesial, yakni tujuh varian rasa yang berganti se­tiap bulan. Selain itu, kami juga ada menu unggulan yang dikemas men­jadi triple combo (Klappertart, Macaroni Skutel dan Pastel Tutup,” lanjutnya.

Doni pun menguak rahasia dibalik lembutnya tekstur Klappertart dan aroma sedap yang mengaliri hidung. “Kalau aslin­ya, Klappertart itu menggunakan rum. Na­mun punya kita sudah duhilangkan. Jadi aromanya lebih soft dan halal pastinya,” katanya sembari tertawa renyah.

Klappertart lebih nikmat disajikan dingin. Sangat cocok disajikan berpadu dengan minuman rempah yang menghan­gatkan badan. “Kami ada minuman tradis­ional sirup Tjampolay with Lemon dan Bogor Fresh,” ucapnya.

Bogor Fresh merupakan minuman dingin campuran antara jus salak dengan berbagai bahan rempah – rempah herbal. “Bahan rempahnya antara lain jahe, kayu manis dan berbagai bahan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan,” pungkasnya.

============================================================
============================================================
============================================================