Untitled-7SMKN 1 Bogor memiliki satu jurusan unik yang kerap dipandang sebelah mata oleh sekolah lain. Itu tak lain, jurusan Us­aha Perjalanan Wisata yang ada sejak 1991 ini telah menelurkan lulusan yang sangat dunia pariwisata. Beberapa dianta­ranya menerobos dunia traveling bagian objek wisata, travel, dan staff operator.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Usaha Perjalanan Wisata (UPW) yang semula dipandang sebelah mata dalam sekolah kejuruan mulai menjadi bagian penting dari kehidupan. Maraknya wisatawan do­mestik maupun mancanegara di berbagai wilayah Indonesia menjadi peluang besar bagi lulusan UPW dalam mengaplikasi­kan pendidikannya. Jurusan yang hanya ada di dua sekolah di bogor ini menjadi incaran masyarakat untuk mempelajari dunia pariwisata.

Dedi suryana, selaku ketua kompe­tensi keahlian Usaha Perjalan Wisata me­maparkan, siswa jurusan pariwisata akan dibekali 3 hal pokok dalam pariwisata. Hal-hal pokok ini diantaranya tour plan­ning, ticketing, dan pemanduan wisata. Pada tour planning, siswa diajarkan un­tuk dapat membuat suatu perencanaan perjalanan wisata.

BACA JUGA :  SBR 'Manifesting The Future', Pamerkan Karya Seni Siswa Penuh Filosofi

“Hal-hal tersebut berupa paket wisa­ta hingga brosur untuk pariwisata. Dalam pembelajaran ticketing siswa harus mam­pu membuat rincian dana harga perjala­nan mulai dari akomodasi, biaya men­ginap, hingga biaya tiket wisata. Selain itu siswa harus memahami karakteristik turist yang berbeda-beda dan memahami prosedur dalam menghadapi turis pada hal pokok pemanduan wisata,” katanya.

Pada jurusan ini siswa diharuskan untuk bisa berbahasa internasional. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ke­mampuan siswa dalam menghadapi tur­ist mancanegara. Untuk meningkatkan skill siswa dalam berbahasa jurusan UPW meng­gunakan program english day di hari selasa selama pembelajaran berlangsung. Selain itu jurusan UPW memberikan bahasa asing lain sebagai muatan lokal dalam sistem pembela­jaran yaitu bahasa Jepang.

Bahasa asing yang dipelajari oleh UPW menghasilkan siswa dapat menguasai lebih dari satu bahasa. Fiky Firmansyah adalah salah satu siswa perwakilan sekolah yang menjadi juara 2 lomba B. Jepang tingkat provinsi Jawa Barat. Lomba yang diselengga­rakan di Cianjur bulan Mei 2014 ini mengang­kat nama UPW SMK Negeri 1 Bogor hingga tingkat Nasional. Fiky mengaku berminat ke jurusan pariwisata karena ingin mendalami pelajaran Bahasa jepang.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

“Sekolah di jurusan UPW itu menyenang­kan. Bisa belajar lebih banyak dari orang lain. Kita pergi ke tempat wisata sambil belajar. Belajar menganalisis untuk meran­cang perjalanan pariwisata yang dibutuhkan masyarakat,”ucap Fiky.

Siswa pada jurusan UPW terlihat ber­beda dari jurusan lain di SMKN 1. Siswa-siswi jurusan ini lebih aktif dalam berkomunikasi dengan banyak orang. Hal ini sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang akan mereka hada­pi nantinya. Di lapangan saat mereka mulai masuk dunia kerja akan lebih sering bertemu clain langsung. Tidak heran jika siswa juru­san UPW diajarkan unrtuk lebih percaya diri dalam bertindak dan memghadapi orang lain. (*)

============================================================
============================================================
============================================================