Untitled-9PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melakukan pengerjaan koneksi pipa eksisting diameter 700×600 mm di Jalan Jalak Harupat Kota Bogor. Pengerjaan ini selesai sesuai rencana dan pasokan air untuk masyarakat sudah kembali normal.

Oleh : RIZKY DEWANTARA
[email protected]

Pemasangan well on dan valve diameter 700 mili meter pada Pipa Steel 700 mili meter ini, berhasil dituntaskan pada pukul 23:15 WIB. Dan Valve di Reservoir Pajajaran pun dibuka kembali 15 menit kemudian. Meski proses pengerjaan sempat diguyur hujan, pema­sangan valve 700 tetap berja­lan lancar.

Kepala Sub Bagian Pen­galiran dan Jaringan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Asep Supriyatna, mengatakan, para pekerja yang disuvervisi memasang valve seberat 800 kilo itu dengan menggunakan tripod khusus. Dan jajaran Di­reksi PDAM turut memantau langsung pekerjaan ini.

“Pemasangan well on dan Valve 700 mili meter ini, selesai dikerjakan pada pukul 23:15. Setelah dinyatakan cukup dan memenuhi standar, petu­gas akhirnya membuka valve di Res­ervoir Pajajaran pada pukul 23:30. Meski demikian, pasokan air minum ke pelanggan belum benar-benar normal, karena petugas masih harus melakukan pemulihan jaringan untuk membuang udara yang terjebak di dalam pipa,” ung­kapnya.

BACA JUGA :  Penurun Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Makanan Alami Bernutrisi Ini!

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya, menjelaskan, perlu beber­apa waktu untuk melakukan recov­ery pengaliran, karena udara yang terjebak di dalam pipa akan meng­hambat pasokan air ke pelang­gan. “Alhamdulillah pemulihan jaringan berlangsung cepat. Kami cek hydrant pemadam ke­bakaran di beberapa lokasi di zona IV pada pukul 02:00, air yang keluar sudah bulat. Be­rarti sudah bagus,” terangnya, kemarin.

Menurut Deni, petugas Ba­gian Transmisi dan Distribusi (Trandis) PDAM Kota Bogor membuka hydrant pemadam ke­bakaran di sejumlah titik. Dian­taranya depan Markas Damkar Yasmin, Jalan Majapahit Jalan Dadali Tanahsareal, Perum Taman­sari Persada, traffic light Jalan Pandu, serta Jalan Bangbarung Raya. “Air di hydrant damkar itu sudah keluar pukul 02:00. Berarti pasokan air ke pelanggan mulai pulih. Tapi akan kita pantau terus sampai Rabu siang (9/12), karena masih ada aliran ke Indraprasta 1 dan 2 yang belum nor­mal,” kata dia.

BACA JUGA :  Duet Jaro Ade - Anang Hermansyah, Golkar Kabupaten Bogor Akan Lakukan Ini Pasca Idulfitri

“Meski distribusi air berang­sung normal sejak Rabu dinihari (9/12), PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor masih menyiagakan truk tangki air untuk mengantisipasi permintaan bantuan air bersih. Tangki air milik PDAM Kota Bogor dan bantuan PDAM Kabupaten Bo­gor stand by di kantor PDAM Kota Bogor Jalan Siliwangi 121,” tam­bahnya.

Deni menambahkan, hingga Rabu sore PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sudah mendistribusikan 21.000 liter air bersih gratis kepada pelanggan dan masyarakat yang ter­kena gangguan layanan. PDAM pun mengirimkan tujuh tangki air ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, untuk memenuhi ke­butuhan air bersih bagi pasien, keluarga dan pembesuk. “Rumah sakit menjadi prioritas kita untuk penanganan gangguan pengerjaan koneksi ini. Barusan kita kirim tujuh tangki air bersih ke RSUD. Ini bentuk pelayanan dan pertanggunjawaban sosial PDAM kepada pelanggan dan masyarakat saat sedang terjadi gang­guan layanan,” ujarnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================