BOGOR, Today – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi penghargaan kepada Pemer­intah Kabupaten Bogor seb­agai Lembaga Penempatan Daerah atas tingginya serapan tenaga kerja sepanjang 2015.

Lewat Dinas Sosial Ketenagak­erjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), penghargaan di­berika langsung Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar di Bandung, Senin (7/12/2015) lalu.

Bupati Bogor, Nurhayanti mengungkapkan, dengan ad­anya industri garmen mau­pun dan manufaktur men­jadi magnet bagi pengusaha menanamkan modalnya di Bumi Tegar Beriman.

“Angkatan kerja setiap tahun­nya terus bertambah dan kami terus berupaya menyerap ang­katan kerja supaya maksimal,” kata Yanti, Rabu (9/12/2015).

Untuk bursa kerja khusus, kata Yanti, dengan menyam­bangi sekolah-sekolah kejuruan dan memberikan kerja lapangan kepada mereka.

Di Balai Kerja Tonjong, lanjut­nya, tahun 2015 ini terdapat 32 pelatihan dan terdapat 20 orang tiap satu angkatan.

BACA JUGA :  Dukung Sukseskan Lomba MTQ, Sekda Burhanudin Hadiri Langsung Pembukaan MTQ Ke-38 Tingkat Jawa Barat

“Jadi totalnya 640 orang diikut­kan pelatihan ketenagakerjaan. Dan semuanya, kita magangkan di beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor,” jelas Yanti.

Mantan Sekretaris Daerah (Sek­da) Kabupaten Bogor ini melanjut­kan, perekrutan pun dikhususkan bagi keluarga tidak mampu.

“Ini sebagai upaya menu­runkan angka kemiskinan dari 9,11 persen ke lim atau tujuh persen. Jadi, ketika mereka kerja bisa membantu perekonomian keluarganya. Inilah yang menjadi salah satu catatan bagi Dinas Tenaga Kerja Provinsi dalam memberikan penilaian atas penghargaan tersebut,” tegasnya.

Kabupaten dibawah kepe­mimpinan Nurhayanti juga merengkuh penghargaan Adh­itya Karya Mahatva Yodha kat­egori Karang Taruna Terbaik tahun 2015 dalam rangkaian Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) dan Rapat Kerja Nasi­onal (Rakernas) Pengurus Na­sioanal Karang Taruna (PNKT) Masa Bhakti 2015-2020.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan di Desa Pandu, Kota Manado, Provinsi Su­lawesi Utara, Sabtu (5/12/2015).

Penghargaan ini diberikan terkait dukungan dan perhatian yang diberikan oleh Bupati Bo­gor terhadap pengembangan Ka­rang Taruna di semua tingkatan, baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten.

Bupati Nurhayanti mengatakan, Karang Taruna itu adalah organisasi sosial yang berada di desa atau kelurahan yang salah satu tujuannya adalah menang­gulangi masalah kesejahteraan sosial. Di dalamnya ada beberapa masalah yang harus dituntaskan oleh Kabupaten Bogor, diantaran­ya adalah masalah kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, bencana dan sebagainya, itulah beberapa diantaranya tugas Karang Taruna.

(Rishad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================