canada-f1-wallpaper-2010-25MARANELLO, Today – Ferrari menyerang rencana Bernie Ecclestone dan Jean Todt, terkait unit mesin independen di Formula 1.

Pabrikan asal Italia itu mengancam un­tuk hengkang, jika Formula 1 meniru pem­batasan teknologi mesin seperti Nascar.

Dilansir dari Motor Sport pada Selasa, 15 De­sember 2015, Presiden Fer­rari Sergio Mar­chionne menye­but, pihaknya lebih memilih pergi, daripada menghadapi peraturan yang tidak mereka suka.

“Ferrari akan mencari cara lain, untuk memperlihatkan kemampuan balapan. Itu sangat memalukan, tapi Ferrari tidak bisa dipojokkan dan tidak berkata apapun. Sekarang peraturan ditulis, sesuai keingi­nan para pengacara yang menginterpreta­sikannya,” kata Marchionne.

BACA JUGA :  Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Disorot Media Internasional

Marchionne mengatakan kecewa dengan langkah FIA, yang memberikan mandat pada Ecclestone dan Todt untuk melakukan perubahan.

“Itu pilihan yang kami jelas tidak sepakat, karena kami yakin pengemban­gan regulasi harus dilakukan dengan koor­dinasi,” imbuhnya.

Pandangan ini juga sama dengan Mer­cedes dan Renault. Di sini pihaknya meng­habiskan ratusan juta euro, jadi disini bicara tentang keputusan yang tidak se­mestinya dibuat dengan mudah.

Menurutnya membuat unit mesin yang lebih murah untuk tim-tim kecil, adalah sama dengan menjauh dari tim-tim yang mampu berkembang.

BACA JUGA :  Kemenangan Timnas Indonesia jadi Modal Penentu Kontra Jordania

“Kami turun ke trek untuk membukti­kan kemampuan menangani unit mesin,” tegasnya.

Jika mulai meremehkan keuntungan ini, Ferrari tidak punya keinginan lagi un­tuk balapan. “Jika kita membuat Formula 1 seperti Nascar, kita kehilangan keuntun­gan dari pengalaman mencari solusi, yang kemudian berdampak pada produksi,” ka­tanya.

Marchionne mengaku paham dengan baik, kesulitan yang dihadapi tim-tim kecil. Namun itu persoalan yang harus diatasi oleh FOM, bukan tim-tim yang dianggap mapan seperti Ferrari. Dia bersikeras akan menjegal rencana FIA menerapkan batas harga mesin.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================