Untitled-4Saya siap pas­ang badan jika ada yang meragu­kan realisasi pembangu­nan pro­gram satu juta rumah. Saya pernah di­tanya wartawan di PU, saya hadapkan ke dirjennya lang­sung, ada datanya. Jadi kalau ada yang meragukan, saya berani meng–counter,’’ tegas Basuki di Istana Negara, Ja­karta, Selasa (15/12/2015).

Menurut dia, target pem­bangunan satu juta rumah dibagi menjadi dua. Pertama, adalah pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR) sebanyak 603.516 unit dan rumah untuk non MBR 396.484 unit rumah.

Sebelumnya, program pemerintah untuk memban­gun satu juta rumah dianggap target yang tidak realistis. Hal itu diutarakan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengem­bang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), Eddy Ganefo.

Menurutnya, sumber dana dan ketersediaan lahan atau landbank dari pengem­bang menjadi masalah utama yang dapat menghambat tere­alisasinya program tersebut. Pemerintah sendiri meng­klaim telah merealisasikan sekitar 600 ribu lebih rumah.

Selain itu, kemampuan sup­play dari pengembang yang kurang karena disebabkan oleh ketersediaan lahan dan harga ta­nah yang merangkak naik.

Menurut Menteri PU-PR Basuki, dalam laporan dua minggu lalu yang diteriman­ya, pembangunan program satu juta rumah mencapai sekira 632 ribu unit rumah untuk MBR.

“Jadi satu juta rumah itu, sekarang dua minggu lalu su­dah 632 ribu untuk MBR, se­dangkan yang lain belum kita lihat, yang non MBR datanya belum masuk. Tapi yang MBR sudah ada, datanya 632 ribu,” papar Basuki.

Basuki menegaskan tidak akan merevisi target pro­gram pembangunan satu juta rumah. Kendati demikian, pembangunan rumah akan mencapai sekira 800-900 ribu unit jika program satu juta rumah gagal ter­capai.

“Kalau 1 jutanya, Insya Al­lah bisa tercapai, kalau enggak tercapai pun mungkin sekitar 800-900-an ribu rumah. Eng­gak (revisi), setiap tahun kita gitukan terus,” tukasnya.

Program pembangunan satu juta rumah yang dires­mikan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) pada 29 April 2015 berjalan kurang mulus. Pas­alnya, angka realisasi pem­bangunan program satu juta rumah yang dirilis pemerin­tah dengan beberapa asosiasi berbeda-beda.

(okezone)

============================================================
============================================================
============================================================