alfian mujani 240PAKAR Sosiologi Aga­ma Dr Ahmad Imam Mawardi berkirim pesan begini: Kaki yang tak mengantarkan ke tempat-tempat kebai­kan tak bisa diharap untuk mengantarkan ke dalam surga. Tangan yang tak pernah menyentuh kitab suci, tak berjabat dengan tangan-tangan para guru kehidupan, dan tak pernah mengulurkan bantuan pada orang-orang yang hancur tulangnya serta remuk hatinya, sungguh tak bisa diharap untuk menyentuh pa­gar dan pilar kebahagiaan.

Kita patut merenungan, dari sekian banyak tempat yang telah kita kunjungi, seberapa banyakkah yang dikenal dengan tempat kebai­kan? Sebanyak apakah kebaikan yang kita lakukan di dalanmya? Dari sekian banyak tempat yang kita kunjungi, tempat apakah yang paling menyita perhatian kita? Jawaban atas pertanyaan ini ada­lah indikator keberpihakan kita pada kebaikan.

Ada banyak orang yang mengagumi tempat-tempat indah dan mengeluarkan banyak uang untuk datang mengunjunginya. ‘’Mereka yang hatinya begitu terpaut dengan keindahan alam tetapi melupakan Sang Pencipta keindahan, ada­lah orang-orang tertipu yang tak akan pernah merasakan keindahan hakiki,’’ kata para guru yang sudah sampai pada stasiun keindahan hakiki. (*)

============================================================
============================================================
============================================================