freeportNEW YORK, Today — James Moffett mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Freeport-McMoRan Inc. Mun­durnya Moffet ini, disambut positif oleh para investor di bursa saham New York Stock Exchange (NYSE).

Melansir yahoofinance, Sela­sa (29/12/2015), saham Freeport berhasil menguat 0,58 persen pasca-penutupan, setelah Mof­fett mengundurkan diri. Saham Freeport sendiri, ditutup turun 9,5 persen pada perdagangan 28 Desember 2015 ke USD6,8.

Analis Tigress Financial Mitra, Ivan Feinseth, mengatakan Sejak Moffett menjadi chairman, sa­ham Freeport telah merosot dari USD60 ke USD7. Menurut dia, ke­bijakan yang diambil Moffet telah salah langkah.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Lele Bumbu Cabe yang Lezat dan Pedas Nampol

“Ketika saham Freeport mendekati USD60, mereka Memutus­kan untuk melakukan diversifika­si dari logam dan pertambangan menjadi perusahaan minyak, dan ini menjadi keputusan buruk lainnya,” tambah dia.

Sekadar informasi, Freeport memasuki bisnis minyak dan gas pada 2013, dengan men­gakuisisi Plains Eksplorasi dan McMoRan Exploration sebe­sar USD9 miliar. Langkah ini mendapat sorotan para peme­gang saham, lantaran Moffett yang juga pemegang saham in­dividu terbesar McMoRan, me­miliki perusahaan tersebut.

Cofounder Freeport McMo­ran James R Mofffett lantaran ingin menjadi dewan konsul­tan untuk pembahasan kontrak karya PT Freeport Indonesia dengan pemerintah. Hal terse­but menjadi peluang adanya perpanjangan kontrak.

BACA JUGA :  Diduga Balas Dendam, Keponakan di Bangkalan Bacok Paman hingga Tewas

Analis Lautandana Sekuritas Krishna Setiawan mengatakan, bila tujuannya memperpanjang kontrak, dapat mempengaruhi emiten di bursa saham Indo­nesia. Salah satunya PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). “(Per­panjangan itu) menangkap aset yang bisa ditinggalkan oleh Freeport, ini menjadi tekanan untuk saham Antam,” ujarnya dalam IDX Channel, Jakarta, Se­lasa (29/12/2015).

Menurutnya, Antam yang awal­nya punya peluang untuk memi­liki Freeport akan berpikir ulang (tertekan). Namun, pengunduran diri Moffet tidak akan mempen­garuhi harga komoditas Antam. “Karena harga komoditas saat ini turun,” ujarnya.

(okezone)

============================================================
============================================================
============================================================