Karena itu, sejak 2010, tumbuh kesadaran green economic dari perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia, melakukan aksi tang­gungjawab nyata terhadap penyelamatan bumi. Setiap akhir tahun, mereka tidak han­ya membuat Annual Report terkait dengan perkembangan bisnis mereka. Melainkan, jauh dari itu mereka juga membuat sustainability report. Laporan tanggungjawab perusahaan terhadap aksi keberlanjutan sesuai prinsip 3 P: Planet – Prof­it – People. Bertanggungjawab pada penyelamatan bumi, den­gan mendorong profit bernilai benefit, sebagai bagian tak ter­pisahkan dari tanggungjawab kepada kehidupan sejahtera manusia.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 3 Mei 2024

Bentuknya adalah komit­men nyata terhadap peningka­tan nilai bagi share-holders dan take-holders secara berkelan­jutan dengan cara yang benar. Termasuk mengarahkan aktivi­tas bisnis dan tanggungjawab lingkungan perusahaan guna mencapai manfaat berim­bang bagi seluruh pemangku kepentingan.

Hanya perusahaan yang mempunyai tanggungjawab sosial dan lingkungan yang boleh dipercaya, bahwa tata kelola bisnis mereka secara operasional, aman dan ber­tanggungjawab. Oleh karena itu, dalam praktiknya perusa­haan yang sungguh menjalan­kan prinsip bisnis secara be­nar, dalam melakukan laporan keberlanjutannya, selalu mel­akukan uji materialitas dengan melaporkan kepada publik topik-topik keberlanjutan yang penting dan signifikan. Tidak hanya dalam konteks perusa­haan, melainkan juga dalam konteks pemangku kepentin­gan.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria dalam Sumur di Padang Pariaman, Ada Luka Bagian Kepala

Di Indonesia, untuk mencegah terjadinya perusa­haan durhaka prinsip-prinsip 3P sudah diterapkan, senafas dengan pemberlakuan kewa­jiban perusahaan terhadap pemberdayaan kemitraan dan bina lingkungan. Baik dalam konteks corporate social re­sponsibility, corporate com­munity responsibility, maupun corporate cultural responsibil­ity. Kesemuanya berbasis com­munity development.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================