BOGOR, TODAY – Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) menggelar Pekan Seni Budaya di Gedung Pus­dai, Senin (28/12/2015).

Menurut Ketua DKKB, Erwin Suriana, ingin men­gangkat kembali kesenian di Bumi Tegar Beriman agar menjadi tuan rumah ditan­ahnya sendiri.

“Event ini mulai dari kegiatan seni seperti tarian, pedalangan, seni kemasan pertunjukan hingga budaya dan sejarah Sunda atau Jawa Barat,” kata Erwin.

Selain memperkenalkan seni dan bu­daya yang sudah ada, menggali potensi dari para pelaku seni Sunda dan mele­starikan kesenian Sunda juga menjadi salah satu fokusnya.

Saat ini, kata Erwin, belum semua ke­camatan yang tergarap potensi seninya. “Baru enam kecamatan. Semuanya masih di wilayah barat. Kami juga berharap pemerintah menyediakan gedung bagi DKKB untuk melakukan berbagai pertunju­kan. Karena Gedung Keseian di Jalan Tegar Beriman, bukan milik kami,” katanya.

BACA JUGA :  Rangkaian HUT RSUD Leuwiliang ke-14 Penuh Berkah

“DKKB menggandeng budayawan dan akademisi untuk menggali potensi seni, budaya dan sejarah Sunda, agar objek wisata di Kabupaten tidak hanya puncak, tetapi juga ada lokasi lainnya,” tambahnya.

Kepala Dinas Budaya dan Parwisata (Disbudpar) Ka­bupaten Bogor, Rahmat Su­jana mengatakan, seni dan budaya Sunda harus terus dikembangkan agar bisa ek­sis di kancah internasional.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat ODGJ Pria di Halaman Masjid Caringin

“Kami punya program pelestarian dan promosi yang nantinya akan ker­jasama dengan DKKB untuk sosialisasi ke ratusan hotel di bumi tegar beriman, agar seni dan budaya sunda bisa ditampilkan di hotel dan dikenalkan kepada para wisa­tawan,” ujar Rahmat.

Dewan Penasehat DKKB sekaligus Ket­ua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Was­to Sumarno meminta DKKB melestarikan seni dan budaya sunda mulai dari tingkat kecamatan. “Ada 40 kecamatan di Kabu­paten Bogor, dan DKKB diharapkan meng­gali seni dan budaya lokal untuk menjadi ciri khas di daerah masing-masing,” tan­das Wasto.

(Rishad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================