Untitled-8Banyak anak-anak dan orang dewasa menyukai pisang. Karena pisang sudah menjadi paket makanan praktis yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Pisang dapat dimakan dalam bentuk aslinya, atau sebagai campuran kue. Pisang beku dapat dibuat smoothies yang bisa dicampurkan dengan yoghurt atau ice cream.

Oleh : Hesti Amelia
[email protected]

Pisang juga menjadi potensi bisnis yang luar biasa. Angga Kemal Putra, adalah anak muda yang tergolong sukses men­gubah buah pisang menjadi makanan yang dicari banyak orang. Pria kelahiran Jakarta 10 Juli 1992 ini, berhasil memasarkan aneka makanan berbahan dasar pisang melalui toko on­line. Merek dagangnya adalah Banana Chic yang dia dirikan pada 11 Januari 2015. “Enam hari lagi kami pas setahun,’’ ungkap Angga Kemal Putra kepada Bogor Today, Sabtu (2/1/2016).

Banana Chic bisa dibilang bisnis startup, yang menjual produk frozen banana. Mungkin kalau pada masa lalu sering disebut dengan es kul kul. “Dina­makan Banana Chic, karena memiliki harapan kalau bisnis dengan base pisang ini menjadi sesuatu yang ekslusif dan mampu diterima masyarakat,” ujar Angga.

Banana Chic online memanfaatkan 3 media sos­ial. Pertama Instagram untuk tampilan gam­bar info-info terbaru. Kedua, Line@ mengenai penjelasan detail men­genai harga, variant topping hingga bagaimana cara pembelian. Ketiga, line, pelanggan bisa langsung berinteraksi dengan admin. “Kami kirim menggunakan kurir internal maupun ojek online. Supaya tetap beku sampai konsumen, packaging pisangnya dilapisi aluminium foil dan es batu,’’ lanjutnya.

Pengiriman dengan menggunakan ojek online ja­rak maksimalnya hanya 25 km. Jangan kuatir kalau leb­ih dari 25 km Banana Chic menyediakan kurir internal siap diantar ke Kota Depok, Bekasi, Jakarta maupun Tangerang. Tetapi untuk pengiriman menggunakan kurir internal pembelian Banana Chic minimal Rp 200.000, sedangkan memakai ojek online tidak ada minimalnya. Jika pelanggan ingin membeli Banana Chic ke tempat produksi juga bisa di Jalan Palem Raja 3 no 5, Sektor 5 Perumahan Taman Yasmin, Kota Bo­gor. “Tapi hanya take away saja,” jelasnya.

Selain dipasarkan melalui online, Banana Chic juga sering mengikuti event bazar makanan. “Kita sering ikut event, seperti Pensi SMA 10, Pensi SMA 2, SMANSA Day, Pensi SMA 3, Reuni Akbar SMAN­SA, dan event modif mobil,“ lanjutnya.

Menurut Angga, untuk membuka usa­ha seperti ini dibutuhkan modal Rp. 3.000.000. Om­set pada hari biasa, Senin hingga Jumat mencapai Rp. 1.000.000. Tetapi pada hari Sabtu dan Minggu bisa mencapai Rp. 1.500.000 perhari.

Keunggulan Banana Chic memiliki banyak variant topping, antara lain crunchy milo, peanut, oreo, marshmallow, honey flakes, cheese wafer, froot loop dan topping crispy vanilla. Den­gan topping apapun harganya tetap Rp. 10.000. “Tapi tahun ini kami mau ada launching topping baru, yaitu Funky Almond dan Melt Caramel dengan harga Rp. 15.000,” ungkap Angga.

Banana Chic buka setiap hari pukul 09.00 sampai 20.00. “Setiap hari senin Ba­nana Chic juga memberikan promo, yaitu beli empat pcs gratis satu,” pungkasnya.

============================================================
============================================================
============================================================