BOGOR TODAY – Perum Pen­gangkutan Penumpang Djakarta (PPD) berencana untuk membu­ka 20 rute baru layanan transjabo­detabek pada tahun ini. Penam­bahan akan dilakukan setelah kedatangan 600 unit bus baru dari Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama PPD Pande Putu Yasa mengatakan, 20 rute baru yang akan dibuka akan tersebar ke seluruh wilayah yang ada di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. “Jadi, begitu akan ada 600 bus baru, kita akan tam­bah 20 trayek baru. Kita akan mulai sisir perumahan yang ada di Kabupaten Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang,” kata dia, Kamis (7/1/2016).

Tujuan Kemenhub mengalo­kasikan 600 bus untuk layanan transjabodetabek adalah untuk memperkuat layanan transja­bodetabek, selain untuk mere­spons keinginan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

BACA JUGA :  Resep Membuat Udang Saus Tiram ala Restoran Untuk Menu Buka Puasa yang Nikmat

Basuki diketahui ingin agar jumlah bus yang melayani rute dari kota penyangga ke Jakarta ditambah.

Selanjutnya, ia ingin bus-bus tersebut terintegrasi secara pem­bayaran dengan layanan bus transjakarta. Jadi, tarif yang akan dikenakan kepada penumpang hanya Rp 3.500. “Memang se­cara fisik kami terima penugasan dari Kemenhub. Namun, kami juga lagi berupaya bekerja sama dengan transjakarta untuk rupiah per kilometer. Cuma nilainya saja belum dapat,” tutur Pande.

Mayasari Gabung Transjakarta

Operator bus Mayasari Bakti setuju dengan tawaran Pemer­intah Provinsi (Pemprov) DKI Ja­karta untuk bergabung dengan PT Transjakarta. Manajemen Mayasari Bakti akan menyusul Kopaja yang terlebih dulu ber­gabung dengan Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok belum bisa memastikan kapan tepatnya Mayasari Bakti berada di bawah PT Transjakarta. Ahok mengatakan, Pemprov DKI ma­sih menghitung besaran rupiah per kilometernya untuk setiap bus yang gabung.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menuju Vietnam, Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Sebagian ada yang kemura­han, ada yang kemahalan. Sama kita mau ganti manajemen Tran­sjakarta dulu,” kata Ahok di Ba­lai Kota Jakarta, kemarin.

Sama seperti angkutan Kopa­ja, kata Ahok, Mayasari Bakti bakal menerima subsidi tarif rupiah per kilometer. Pemprov DKI, lanjut dia, sudah menerima surat yang dikirim Mayasari Bak­ti yang menyatakan siap berada di bawah Transjakarta.

Karena operator bus yang melayani rute Jabodetabek itu sudah mau bergabung, Ahok menginstruksikan Transjakarta untuk mengambil alih semua rute angkutan umum yang beroperasi di Ibu Kota, terma­suk Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor.

(Yuska Apitya/net)

============================================================
============================================================
============================================================