B2BOGOR, Today – Per­wakilan Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Hima­kova) Fakultas Kehuta­nan Institut Pertanian Bogor (Fahutan IPB), Bangkit Maulana dan Rizka Sya’bana Azmi, menerima penghargaan dari Museum Rekor In­donesia (Muri). Hima­kova IPB dianugerahi sebagai Institut Prestasi Nusantara atas rekor Studi Konservasi Ling­kungan Mahasiswa Secara Berkelanjutan Terlama.

Penghargaan Muri secara simbolis diserahkan oleh Ketua Surili kepada perwakilan Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fahutan IPB Haryanto pada saat kegiatan Family Day 30th Himakova di Villa Cibogo, Puncak, Bogor, bebera­pa waktu lalu. “Penghargaan ini bukan sekedar penghargaan untuk eksistensi organisasi, namun juga sebagai pem­buktian diri dan wujud kerja keras selu­ruh anggota Himakova selama ini,” ujar Yasser, mantan Ketua Himakova.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Studi Konservasi Lingkungan (Surili) ialah salah satu program kerja unggulan Himakova IPB berupa ekspedisi ber­tema lingkungan yang berfokus pada eksplorasi keanekaragaman hayati dan sosial budaya masyarakat. Kegiatan itu merupakan kegiatan ekspedisi terbesar di Indonesia yang dilakukan mahasiswa. Surili rutin dilakukan setiap tahun sejak 2003 di seluruh kawasan konservasi di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, tim Surili Hima­kova merekam setiap keindahan alam dan kekayaan budaya tanah air. Tercatat sebanyak 13 taman nasional di Indone­sia telah dilakukan kajian flora, fauna, ekowisata, serta sosial budaya dan ber­hasil didokumentasikan melalui tulisan, laporan ilmiah, laporan semi popular, film dan seminar na­sional.

Kegiatan terse­but digelar atas ker­jasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ba­lai Konservasi Sum­berdaya Alam, Balai Taman Nasional, lem­baga kemahasiswaan IPB, Perguruan tinggi non-IPB, serta berb­agai lembaga swadaya masyarakat, media partner dan perusa­haan.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Bentuknya adalah penghargaan Institut Prestasi Nusantara atas rekor Studi Konservasi Lingkungan oleh Ma­hasiswa Secara Berkelanjutan Terlama. Pengajuan rekor ini awalnya atas ini­siasi panitia Family Day 30th Himakova. Tujuannya sebagai refleksi 30 tahun perjalanan Himakova berkarya dan ber­bakti untuk negeri, yang salah satunya melalui kegiatan ekspedisi Surili (Studi Konservasi Lingkungan).

Yasser selaku mantan Ketua Hima­kova menuturkan, penghargaan itu bu­kan sekedar penghargaan untuk eksis­tensi organisasi, namun juga sebagai pembuktian diri dan wujud kerja keras seluruh anggota Himakova selama ini.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================