0438280soetrisno-bachir780x390JAKARTA, TODAY — Presiden Joko Widodo ( Jokowi) kembali membentuk komite khusus yang membidangi ekonomi nasional yang dina­makan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Yang mengejutkan, Jokowi menunjuk pengusaha seka­ligus politisi dari Partai Am­anat Nasional (PAN) Soetris­no Bachir sebagai ketuanya.

Soetrisno dilantik oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi) di Istana Negara, Rabu(20/1/2016) pagi. Jajaran KEIN lainnya yang ikut dilan­tik di antaranya adalah Arif Budimanta sebagai Wakil Ket­ua dan Putri Wardani yang mengisi posisi Sekretaris. Pelantikan berlangsung sekitar pukul 09.30 WIB. Baik Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) beserta para menteri dan tamu undangan yang hadir tampak seragam mengenakan setelan jas berwarna hitam. Pelanti­kan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan dan kemudian pengambilan sumpah yang dibacakan oleh Jokowi dan diikuti oleh para jajaran KEIN. Ini berlangsung sekitar 30 menit.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 13 Mei 2024

Komite ini diharapkan mampu membantu pencapaian target ekono­mi pemerintah. Jokowi menjelaskan, dari sisi pemerintah memang telah menyiapkan peta jalan atau roadmap jangka menengah dan panjang. Na­mun, untuk menuju kesempurnaan, memang harus melibatkan kalangan profesional yang sekarang tergabung dalam KEIN. “Karena di sana ada pelaku-pelaku, akademisi, kombinasi itu akan memberikan sebuah peren­canaan yang lebih detil, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang,” jelasnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Usai agenda pelantikan, Jokowi sempat berdiskusi dengan jajaran KEIN. Secara langsung Jokowi memin­ta agar roadmap dari KEIN harus rinci dengan rentang waktu 50-100 tahun. “Sehingga ada panduan sehingga ada haluan ke mana kita akan pergi dan menuju. Dan dalam jangka pendek mana yang segera dieksekusi karena kita mau berkejar-kejaran dengan ma­salah pembukaan lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya. Ini juga secara detil kami minta, meski kita juga ada tapi kombinasi itu akan memberikan lebih di penguatan kita untuk segera memutuskan,” papar Jokowi.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Terkait dengan pemilihan Soetris­no Bachir sebagai Ketua, Jokowi me­nyampaikan, hal tersebut juga sudah melalui proses musyawarah dengan anggota lainnya bahwa sosok terse­but yang mamu memadukan semua kalangan.

“Kalau yang dipilih Soetrisno mungkin mereka bisa menjembatani antar yang akademisi pengusaha, be­liau kan juga pelaku industri juga,” tu­kasnya.

(Yuska Apitya Aji)

Berikut struktur pengurus KEIN :

Ketua : Soetrisno Bachir

Wakil Ketua : Arif Budimanta

Sekretaris : Putri Wardani

Anggota :

Hendri Saparini

Hariyadi Sukamdani

Eddy Sariatmadja

Sudhamek

Johnny Darmawan

Benny Soetrisno

============================================================
============================================================
============================================================