2016-mahindra-s101-kuv100-orange-front-angleDI TENGAH popularitas SUV yang makin menanjak, Mahindra siap mengenalkan jagoan new Mahindra KUV100.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Ditemani rumah desain Pininfarina sejak Desember 2015 kemarin, kini aroma rancangan mobil-mobil terbaru yang keluar dari dapur produksi Mahindra terkesan ma­kin keren dan beda dari garapan mereka sebelumnya.

Termasuk di antara model terbaru dari Mahindra adalah sosok crossover sangar bernama KUV100 yang baru saja resmi dilepas ke pasar Negeri Bollywood, India. Si tunggangan berukuran compact ini memancarkan desain yang lebih modern dan jauh dari ke­san norak.

Mobil India menurut Mahindra memiliki desain agresif untuk menun­jang gaya hidup masa kini. mobil yang merupakan perwujudan nyata dari pengalaman membuat utility vehicle sejak 1947 itu akan menjadi­kan posisi Mahindra sebagai produsen utility vehicle terbaik di India.

Kesan gagah nan segar yang tampak dari lekukan berkarakter tajam di bagian eksterior jelas akan sangat menggoda buat para kawula muda yang ingin bergaya. Ditambah ke­mampuan bermanuver di celah sempit perkotaan dan interior nyaman, bukan tak mungkin ia bakal jadi idaman di India.

Tujuh varian KUV100 yang disajikan un­tuk konsumen India juga telah dilengkapi fi­tur keamanan yang terbilang komplit. Selain dual airbags yang terpasang di depan, ada pula fitur ABS dengan EBD hingga speed-sensing auto door locks terse­dia untuk semua model.

Di jantungnya, model yang akan diluncurkan pada akhir Januari ini akan menggunakan mesin bernama all-new mFAL­CON. Mesin diesel mFALCON D75 Turbocharged CRDe (Common Rail Diesel Engine) berkapasitas 1.198 cc itu mam­pu memproduksi tenaga 77 bhp di 3.750 rpm dengan torsi 190 Nm di 1.750-2.250 rpm.

Sementara mesin bensin­nya, mFALCON G80 juga me­miliki kapasitas 1.198 cc tapi dengan tenaga yang lebih be­sar yakni 82 bhp di 5.500 rpm tapi dengan torsi hanya 115 Nm di 3.500-3.600 rpm.

Dengan manuver yang lincah di perkotaan, sepertinya akan cocok sekali dengan kondisi jalanan kota-kota besar di In­donesia yang beraktifitas padat. Kalau begitu mari kita tunggu kehadirannya di jalanan Indonesia.

(/net)

============================================================
============================================================
============================================================