24160711Arsenal mendapat ujian berat saat ditantang Chelsea dalam gelaran Derby London pada pekan ke-23 Liga Primer Ing­gris di Emirates Stadium, Min­ggu (24/1/2016) malam WIB. Mengoleksi 44 poin, The Gun­ners hanya unggul selisih gol dari penguntitnya, Leicester City. Jadi, Mesut Ozil, dkk wajib menang dalam laga ini jika tak ingin posisinya tergusur The Foxes.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Melongok pada inkonsistensi per­forma The Blues belakangan ini di kancah domestik, Arsene Wenger seharusnya mampu meraih poin maksimal pada laga ini. Selain dalam per­forma yang sedang oke, mereka juga bermain dihadapan ribuan pendukung setianya.

Namun, Super Sunday pekan ini diper­caya tak akan mudah dijalani The Gunners. Meski John Terry, dkk bertengger di posisi 14 klasemen sementara dan tertinggal 19 poin dari pemuncak klasemen, status juara ber­tahan yang dimiliki The Blues dan tim yang masih berisikan pemain-pemain berkualitas, tak akan membiarkan Arsenal mempermain­kan mereka di laga derby ini.

Wenger pribadi melihat laga ini sebagai tantangan dan momen pembuktian untuk timnya. Dia berharap, susunan klasemen tak berpengaruh apapun terhadap anak asuh­nya.

“Ini adalah laga lain di mana kami bisa menunjukkan bahwa kami telah mengalami kemajuan. Ini adalah laga ldi mana orang-orang memperhatikan kami dan melihat bagaimana kami melakukan pendekatan karena meski Chelsea tidak dalam posisi terbaik, Anda melihat kualitas skuat mer­eka,” kata Wenger di situs resmi klub. “Ini adalah sebuah laga besar karena kuali­tas para pemain di lapangan dan ini punya kepentingan besar untuk kami. Karena kami bermain di Emirates Stadium dan kami tahu akan penting untuk memenangi laga-laga seperti ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Arsenal sudah membuk­tikan diri mampu melewati terpaan badai cedera, utamanya di lini tengah, dengan baik. The Gunners sempat ditinggalkan se­jumlah pilar seperti Francis Coquelin, Ma­thieu Flamini, Mikel Arteta, Tomas Rosicky, Santi Cazorla, Jack Wilshere, Mesut Oezil, dan Alexis Sanchez.

BACA JUGA :  Disdukcapil Kota Bogor Berlakukan Antrean Daring Prima Antri, Ini Caranya

Saat ini tinggal Jack Wilshere yang dik­abarkan masih jauh dari kemungkinan ber­main, sementara Oezil dan Alexis disebut-sebut sudah bisa tampil akhir pekan nanti.

“Kami jelas sudah membuktikan potensi daya juang musim ini lewat solidaritas tinggi, lewat kebersamaan yang kuat, dan juga kare­na kami ambisius serta punya lebih banyak pengalaman dari sebelumnya,” tukas mana­jer asal Prancis ini.

Wenger pun meminta timnya siap untuk berduel dengan striker andalan The Blues, Diego Costa. Masih segar dalam ingatan bagaimana Costa berduel dengan dua bek tengah Arsenal, Laurent Koscielny dan Ga­briel Paulista, pada pertemuan sebelumnya di Stamford Bridge, September lalu. Saat itu, Costa yang memang tak segan untuk beradu fisik dengan bek-bek lawan terlihat menda­ratkan tangannya di wajah Koscielny.

Costa kemudian terlibat perselisihan sen­git dengan Gabriel, yang berujung pada diu­sirnya Gabriel dari lapangan. Costa sendiri akhirnya dijatuhi skorsing tiga pertandingan akibat perbuatannya terhadap Koscielny.

“Kami harus fokus pada performa kami sendiri dan sedikit melupakan soal Diego Costa,” ucap Wenger yang dikutip The Guardian.

“Namun, kami harus siap untuk sebuah duel karena Costa memberi Anda sebuah duel. Setelahnya, itu kembali kepada wasit,” katanya.

“Saya yakin kami punya rekor yang san­gat bagus untuk urusan kedisiplinan di Pre­mier League dan kami ingin mempertahank­annya,” kata Wenger.

Manajer interim Chelsea, Guus Hiddink menyatakan Eden Hazard berpeluang kem­bali bermain saat menghadapi. Pemain asal Belgia itu absen di tiga pertandingan tera­khir The Blues akibat cedera kunci paha. Na­mun, pemain yang belum mencetak gol dari 27 penampilan bersama klub di musim ini rupanya sudah pulih dari cedera.

BACA JUGA :  Penutupan Akses Jalan Oleh Plaza Jambu Dua, Pemkot Sebut Itu Jalan Umum

Hiddink menyatakan dalam sebuah kon­ferensi pers kalau Hazard sudah berlatih penuh bersama tim pada pekan ini dan ia fit untuk tampil lawan The Gunners.

Hiddink juga menyebut kalau Diego Costa memang belum terlibat secara reg­uler dalam latihan pekan ini. Meski begitu, pelatih asal Belanda itu mengakui kalau sang striker masih berpeluang tampil lawan Arse­nal.

Chelsea kini masih tertahan di peringkat ke-14 klasemen sementara, hanya terpaut empat poin atas zona degradasi, namun ter­paut 19 poin dari Arsenal dan Leicester City.

Berkah Pemecatan Mou

Ketiadaan Jose Mourinho, yang kini po­sisinya sudah digantikan Guus Hiddink, menjadi peluang besar Wenger untuk men­gantar Arsenal meraih kemenangan.

The Gunners sedang sangat buruk jika berhadapan dengan The Blues, di mana mer­eka gagal menang dalam delapan pertandin­gan terakhir. Di dalam kurun tersebut Olivier Giroud dkk malah selalu gagal bikin gol di enam pertemuan terakhir Premier League.

Yang menarik, prosentase kemenan­gan Wenger atas Chelsea sangat besar jika Mourinho tidak melatih di sana. Wenger tercatat sudah menjalani 27 pertemuan den­gan Chelsea (minus Mourinho). Dari jumlah tersebut 14 kemenangan bisa diraih (51,9%), sisanya adalah 6 hasil imbang dan tujuh kali kalah. Demikian dikutip dari Sky Sports.

“Saya melihat pada kualitas pemain di atas lapangan dan bukan siapa yang ada di bench. Anda melihat karakteristik tim dan pemain. Kami tidak menganalisis karakteris­tik manajer di tim lain,” sahut Wenger saat ditanya soal Jose Mourinho, seperti diberita­kan Soccerway. (*/Net)

============================================================
============================================================
============================================================