pemainpersib-(1)BANDUNG, Today – Dejan Antonic bakal menjadikan pemain Persib Bandung mampu menempati posisi apapun dalam strategi racikannya. Rotasi pemain jadi jurus jitu pris Serbia itu jelang Indonesia Super Competition (ISC).

“Pemain kita berikan dua posisi. Mereka harus bisa beradaptasi bermain pada posisi diluar dari yang biasa mereka tempati. Tapi masih dalam batas wajar kok. Tidak terlalu ekstrem rotasinya,” ujar pelatih pemegang UEFA Pro License itu.

“Tidak mungkin kan pemain belakang dicoba menyerang,” tambahnya.

Ia menyebutkan, keputusan final untuk menerapkan rotasi akan dilihat dari kemampuan para pemainnya. Saat pemain dianggap mampu bermain pada posisi baru, maka si pemain bisa menjadi alternatif bagi strategi yang akan diterapkannya. “Kalau tidak (mampu), ya kita kembalikan ke posisi awal,” ungkap dia.

Sementara itu, Tony Sucipto merupakan salah satu pemain serba bisa yang dimiliki skuad Maung Bandung. Pemain bernomor punggung 6 itu mampu bermain sebagai bek kiri, kanan maupu gelandang bertahan.

Baca Juga :  Berikut Tim Negara Yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia

Berkat kemampuan spesialnya itu, pemain asal Surabaya itu sempat dihadiahi pujian oleh pendahulu Dejan Antonic, yakni jajang Nurjaman sebagai pemain multifungsi. Selain pemain lama, salah satu pemain baru Persib, Rahmad Hidayat juga dianggap memiliki kemampuan untuk bermain lebih dari satu posisi. Kemampuan mantan pemain PBR itu, diakui langsung oleh Dejan, selaku mantan pelatihnya saat masih bergabung dengan PBR. ”Rahmad bisa main di dua sampai tiga posisi, tengah, bek kiri dan bek kanan,” jelas Dejan.

Kehadiran Rahmad di Persib digadang-gadang bisa menggantikan posisi Makan Konate. Namun demikian, Dejan meminta agar tidak membanding-bandingkan Rahmad dengan pemain asal Mali itu. ”Tapi kalau kita bandingkan sama Konate, mungkin itu akan jadi beban terlalu banyak buat dia. Nanti kita bisa kehilangan dia,” jelasnya.

Dejan menilai, rekrutan anyarnya itu memiliki potensi untuk bisa terus mengembangkan kemampuannya sebagai pemain serba bisa. Oleh karena itu, lanjut Dejan, ia perlu diberi kesempatan untuk terus mengasah kepiawaiannya.

Baca Juga :  Daftar Negara Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Sekaligus Jadwal Pertandingan

Pelatih Persib, Dejan Antonic mengatakan, ia tak bisa membawa seluruh pemain andalan dari bekas timnya. Ia lebih mempertahankan pemain Persib yang telah juara bersama Jajang Nurjaman. Saat ini ia hanya ingin menutup kekosongan posisi yang ditinggalkan pilar Persib sebelumnya.

“Sulit untuk saya membawa semua pemain, minta maaf, tapi saya menghormati untuk banyak pemain Persib yang kemarin bawa juara dan kita harus ada hormat. Cuma kita pilih pemain yang posisi saya pikir kita masih kurang,” tutur Dejan.

Ia tak ingin dicap hanya memburu pemain dari bekas timnya. Jika ada pemain lain yang lebih kompetitif dan lebih baik serta sesuai dengan kebutuhan, ia coba memboyongnya ke Bandung.

“Tapi, tidak masalah kalau saya harus pilih lagi pemain dari PBR atau dari mana, tapi saya harus lihat dulu posisi dimana kita kurang dan kita harus perbaiki dan kita cari stoper,” urainya.

(Rishad/Net)