honda-mobilio-660x400SAAT ini dunia otomotif semakin berkembang tidak hanya di luar negeri saja tapi di Indonesia juga semakin berkembang walaupun di tahun 2015 yang lalu terdapat banyak sekali hambatan seperti melemahnya pasar otomotif.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Di tahun 2016 ini banyak sekali pabrikan yang mengeluarkan mobil ter­barunya untuk memenuhi keinginan konsumen. Jika diamati perkembangan indutri kenda­raan bermotor khususnya pada roda empat di Indonesia beberapa waktu be­lakangan.

Pastinya sudah diketahui tentang ad­anya mobil yang berjenis Low Cost Green Car atau biasa disebut dengan mobil LCGC yang ternyata saat ini kehadirannya langsung mendapatkan respon yang posi­tif dan berhasil menciptakan trend baru dalam industri otomotif khususnya pada mobil di Indonesia.

Kini setelah suksesnya mobil yang be­jenis LCGC, rumornya Honda sudah me­nyiapkan sebuah program berupa mobil Low Carbon Emission Program (LCEP). Yang dimaksud dengan mobil Low Car­bon Emission Program (LCEP) mempu­nyai arti yaitu mobil yang mempunyai tingkat emisi karbon yang rendah.

Umumnya mobil Low Carbon Emis­sion Program (LCEP) mempunyai kon­sumsi BBM di takaran 1:20 dan 1:28. Direncanakan mobil Low Carbon Emis­sion Program (LCEP) siap meluncur pada tahun ini. Tetapi masih belum diketahui kesiapan dari para pabrikan mengenai mobil LCEP yang bakal rilis di Tanah Air.

Ditanya tentang kesiapan dari Honda tenatng mobil LCEP, saat ini ternyata PT Honda Prospect Motor (HPM) mengakui sedang mempelajari kemungkinan mo­bil baru ini di Tanah Air.

Dikutip dari laman Otomotifnet.com, “Kita sudah dengar itu, lagi kita pela­jari. Program ini memang tidak terba­tas kelas rendah atau kecil. (Hal) Paling penting emisi sampai berapa, itu dapat intensif,” ujar Jonfis Fandy, selaku Mar­keting & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Dijelaskan juga oleh Jonfis, jika saat ini mobil yang bersegmen LCEP ini bu­kan hanya akan menjadi trend selan­jutnya di Indonesia saja. Melainkan di seluruh dunia juga akan memproduksi mobil yang bersegmen LCEP ini seb­agai arah produksi selanjutnya. Sebab saat ini, mobil dengan emisi karbon rendah diperlukan untuk menjamin kelangsungan alam.

Selain itu juga untuk kedepannya, setiap pabrik dituntuk untuk mem­produksi kendaraan yang mempunyai emisi yang rendah sesuai denagn regu­lasi yang suadh ditetapkan.

Sebenarnya mobil dengan emisi kar­bon yang rendah nol persen tidak hanya menuju pada mobil yang berjenis LCEP saja, tetapi juga pada mobil yang berje­nis hybrida yang saat ini juga sudah di­produksi. Lalu apakah rumor yang me­nagatakn jika Honda akan merilis mobil LCEP di Indonesia?

“Tergantung peraturannya, apa ada yang cocok dengan model Honda atau kita bikin baru. Sekarang belum tahu teknisnya seperti apa, kita lihat saja” tutup Jonfis. Jadi kita lihat saja apakah mobil yang bersegmen LCEP ini akan segera dirilis oleh Honda. (/net)

============================================================
============================================================
============================================================