Brosur-Motor-Honda-NM4-Vultus-1HONDA NM4 Vultus serasa dila­hirkan dalam dimensi dan ruang yang berbeda. Banyak keunikan, mulai dari model hingga fitur. Salah satu yang butuh penye­suaian adalah mengoperasikan sistem perpindahan gigi yang disebut Dual Clutch Transmis­sion (DCT).

DCT merupakan transimisi cer­das yang memadukan perpindahan gigi otomatis dengan dua mode, yakni mode D (Drive) dan mode S (Sport). Tapi kalau ingin lebih terasa sporty, bisa dioperasikan juga se­cara manual 6-percepatan.

Pertama kali menjalankannya, tombol di setang kanan digeser dari posisi N ke D untuk mode jalan. Di mode ini, kita hanya pasrah dengan kemampuan kom­puter mendeteksi rpm untuk me­mindahkan gigi. Ingin lebih galak dengan nafas pendek-pendek, ge­ser tombol ke kiri di posisi S.

Mencoba cara manual, ada tombol lagi, masih di setang kan­an, namun posisinya di depan (bagian luar setang). Tekan tom­bol tersebut, sehingga mode oto­matik berpindah ke manual. Apa pun mode yang kita pilih, beri­kut posisi gigi, ditampilkan pada panel meter layaknya mobil.

Untuk memindah gigi, tombol (+) dan (-) ada di setang kiri. Me­naikkan gigi ada di setang bagian dalam, sementara menurunkan gigi ada di bagian luar. Meski manual, perpindahan gigi tetap terasa halus dan responsif.

Soal tenaga, Moge ini jangan diragukan, karena Saat digeber mesin mesin SOHC 750 cc paral­lel-twin berpendingin cairan itu menyalak. Tenaga 54 tk @6.250 rpm dan torsi 68 Nm @4.750 rpm didukung oleh desain com­pact dan bobot yang ringan. Transmisi otomatisnya akan me­nyesuaikan jika kita butuh tena­ga di putaran bawah.

Sensasi kenyaman­an didapat dari sus­pensi belakang Pro-Link yang menyatu dengan Honda Multi Action Sys­tem (HMAS) dan sistem pengereman 2 chan­nel ABS yang dilengkapi dengan ban tubeless. Ban besar, bodi ringan, handling menawan, tenaga dahsyat, cukup melesatkan NM4 Vultus di berbagai kondisi jalan.

(hil­man/net)

============================================================
============================================================
============================================================